Workshop Digging 4 Data Hadirkan Pemateri Huib Akihary

Hits: 143

Pegawai Balai Arkeologi Sumatera Utara mengikuti Workshop Digging 4 Data yang diadakan oleh Badan Warisan Sumatera bekerjasama dengan Program Studi Arsitektur Universitas Medan Area. Workshop kali ini bertemakan “Manfaat And Digital Toolkit Untuk Kemudahan Dalam Meneliti Lingkungan Terbangun di Indonesia Tahun 1620 Hingga 1959”.

Pemateri workshop adalah Huib Akihary yang merupakan praktisi di bidang sejarah seni dan arsitektur yang terkenal dengan bukunya yang berjudul “Architectuur & stedebouw in Indonesie, 1870-1970”. Workshop ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 9-10 November 2019 dan diikuti sebanyak 66 peserta yang berasal dari berbagai instansi seperti Balai Arkeologi Sumatera Utara, Universitas Medan Area, Politeknik Pariwisata, dan Universitas Sumatera Utara.

Menurut Huib Akihary sumber-sumber informasi online dapat membantu penelitian mengenai lingkungan terbangun di Indonesia pada tahun 1620 hingga 1930. Saat ini sudah banyak sekali sumber sejarah yg sudah didigitalisasi oleh pihak belanda, yang di dalamnya memuat dokumen-dokumen masa pemerintahan hindia-belanda di indonesia saat ini. Selain menjelaskan tahap-tahap penelitian menggunakan sumber-sumber online, Huib Akihary juga memberikan tips yang diperlukan saat pengumpulan data, misalnya penggunaan kata kunci dan lokasi situs web yang tepat.

Beberapa situs web yang dapat digunakan untuk memperoleh dokumen-dokumen belanda antara lain:

https://digitalcollections.universiteitleiden.nl/view/collection/kitlvphotos

https://www.delpher.nl/

https://sejarah-nusantara.anri.go.id/id/digital_preservation/

https://www.perpusnas.go.id/

http://colonialarchitecture.eu/

https://beeldbank.amsterdam.nl/

http://databases.tanap.net/vocrecords/

Berikut ketika Workshop Digging 4 Data berlangsung pada 9-10 Desember 2019 di Universitas Medan Area.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *