Upacara Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia Di Balai Arkeologi Sumatera Utara

Hits: 155

Balai Arkeologi Sumatera Utara menggelar upacara hari Kemerdekaan Indonesia ke 74. Upacara peringatan HUT ke 74 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, sebagaimana diketahui tahun lalu Balai Arkeologi Sumatera Utara mengikuti upacara di LPMP Sumatera Utara. Namun tahun ini memilih untuk menggelar upacara sendiri dengan melibatkan seluruh staf dan elemen yang ada di Balai Arkeologi Sumatera Utara yang berlangsung pada hari Sabtu Tanggal 17 Agustus 2019 di halaman Kantor Balar Sumut  yang terletak di jalan Seroja Raya, Gang Arkeologi No.1, Tanjung Selamat, Medan Tuntungan, Medan 20134.

Adapun pada pelaksanaan upacara tahun ini yang bertindak sebagai Pembina Upacara Ibu Dra. Hj. Nurlela, M.AP selaku Kasubbag TU yang mewakili Kabalar Bapak Dr. Ketut WIradnyana, M.Si yang berhalangan hadir karena mengikuti Upacara Bendera di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pemimpin Upacara Bapak Perisman Ginting. Pembawa Acara Ibu Elisabeth Yuniati, A.Md, pembaca teks Proklamasi Bapak Ery Soedewo, SS. M.Hum, pembaca UUD 1945 Sdr. Mochammad Fauzi Hendrawan, S. Ark. Pembaca Teks Pancasila oleh Pembina upacara, pemimpin lagu Sdri. Lolita Refani Lumban Tobing, S. Hum, pembaca do’a Sdr. Ali Ma’ruf, SE, ajudan upacara Sdr. Halis, pengibar bendera Merah Putih, Sdr. Rudi Hartono, Sdri. Siti Sarah Sabrina, Sdr. Primawan.

Pidato yang dibacakan oleh Pembina Upacara pada perayaan Hari Ulang Tahun ke 74 Republik Indonesia tahun ini dengan Tema ” SDM Unggul, Indonesia Maju” sesuai dengan naskah pidato yang diterima dari Mendikbud. Adapun makna yang tersirat dari tema ini  terinspirasi dari visi pemerintahan Presiden Joko Widodo yang akan berfokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM). Setelah masa pemerintahannya yang lalu berfokus pada pemerataan pembangunan yang bertujuan untuk menumbuhkan ekonomi rakyat dilanjutkan pada masa pemerintahan kedepan dengan pemerataan pembangunan dibidang SDM. Dengan harapan melalui keunggulan dibidang SDM maka akan menjadikan Indonesia yang lebih maju,

Pelaksanaan Upacara Bendera berjalan dengan khidmat dan penuh semangat dari semua peserta upacara. Sama seperti upacara tahun lalu, tahun ini seluruh peserta  upacara menggunakan busana adat daerah yang merupakan wujud dari upaya Bangsa dalam menjaga dan melestarikan busana adat yang ada di Indonesia. Alangkah baiknya kedepan kita dapat mempertahankan kebiasaan yang sudah jarang terlihat ini, dengan beraneka ragam khas busana adat dapat berkumpul menjadi satu dalam pelaksanaan Upacara Bendera, seperti semboyan Bangsa Indonesia “Bhineka Tunggal Ika” yang bermakna walaupun berbeda-beda Suku dari Sabang sampai Merauke, begitu juga dengan agama, bahasa, dan budaya tetapi dapat hidup rukun bersatu dalam keindahan keanekaragaman Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dirgahayu Indonesia, “SDM Unggul, Indonesia Maju, Bersatu, Rukun, Damai, Adil, Makmur, Sejahtera” Merdeka!! Merdeka!!! (am)

Berikut pelaksanaan Upacara Bendera berlangsung di Balai Arkeologi Sumatera Utara yang kami dokumentasikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *