Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Balai Arkeologi Sumatera Utara

Hits: 72

Balai Arkeologi Sumatera Utara kembali selenggarakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang bertepatan pada 01 Juni Tahun 2019. Upacara ini diikuti oleh pegawai dan seluruh elemen yang ada di Balai Arkeologi Sumatera Utara. Dan upacara ini berlangsung di halaman Balai Arkeologi Sumatera Utara.

Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara, Bapak  Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si. dalam pidatonya membacakan Sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI). Sebagaiamana kita ketahui dalam naskah pidato yang dibacakan memuat nilai-nilai luhur Pancasila. Berkat pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”

Seperti biasa pada pelaksanaan upacara, semua peserta mengenakan pakaian adat, mengenakan pakaian adat merupakan anjuran di seluruh instansi di bawah Kemendikbud dalam menyelenggarakan upacara. Mulai dari Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara mengenakan pakaian adat daerah Bali berwarna putih. Demikian juga para peserta upacara terlihat semarak dengan pakaian adat khas daerah yang ada di Indonesia khususnya Sumatera Utara. Pemimpin upacara dibawakan oleh Bapak Sopingi Silalahi, pembawa acara oleh Sdri. Churmatin Nasoichah, S.Hum, pembaca Naskah Undang-Undang Dasar 1945 oleh Sdr. Johan Manurung, S.Ds, pemimpin lagu oleh Sdri. Lolita Refani Lumban Tobing, S.Hum, dan pembaca do’a oleh Sdr. Ali Ma’ruf, S.E, serta pengibar bendera oleh Sdr. Rudi Hartono, Sdri. Siti Sarah dan Sdr. Primawan.

Upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Hari peringatan tersebut sekaligus menjadi salah satu hari libur nasional. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Dengan keberagaman kondisi Indonesia dalam geografis, flora, fauna, hingga aspek antropologi dan sosiologi masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong keberagaman tersebut menjadi suatu berkah. Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua.

Akhir kata, kami Keluarga Balai Arkeologi Sumatera Utara mengucapkan Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2019. “Kita Indonesia Kita Pancasila Salam Pancasila”.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *