Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 Tahun 2019

Hits: 148

Balai Arkeologi Sumatera Utara menyelanggarakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-111 Tahun 2019. Upacara ini diikuti oleh seluruh Pejabat Fungsional Peneliti, Pejabat Struktural, dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) Balai Arkeologi Sumatera Utara. Upacara ini berlangsung di halaman Balai Arkeologi Sumatera Utara pada hari Senin, 20 Mei 2019.

Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara, Bapak  Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si. dalam pidatonya membacakan Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Sebagaimana diketahui tema peringatan 111 Tahun Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei Tahun 2019 adalah “Bangkit Untuk Bersatu“.

Pada pelaksanaan upacara ini, Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara mengenakan pakaian adat daerah Bali berwarna hitam. Demikian juga para peserta upacara terlihat semarak dengan pakaian adat khas daerah yang ada di Indonesia khususnya Sumatera Utara. Pemimpin upacara dibawakan oleh Bapak Sopingi Silalahi, pembawa acara oleh Sdri. Winda Lydia Sari Lubis, S.Psi, pembaca Naskah Undang-Undang Dasar 1945 oleh Bapak Briska F.T Sitanggang, S.M, pemimpin lagu oleh Sdri. Lolita Refani Lumban Tobing, S.Hum, dan pembaca do’a oleh Sdr. Ali Ma’ruf, S.E, serta pengibar bendera oleh Sdr. Rudi Hartono, Sdri. Siti Sarah dan Sdr. Primawan.

Seperti kita ketahui bersama bahwa pelaksanaan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2019 kali ini bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan namun tidak mengurangi rasa antusias para petugas dan peserta dalam mengikuti upacara berlangsung, terlihat dari jumlah pegawai dan unsur elemen yang ada di Balai Arkeologi Sumatera Utara semua hadir, mengikuti proses berlangsungnya penyelenggaraan upacara dari awal hingga akhir dengan penuh khidmat. Pelaksanaan upacara ini juga berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Perbedaan dalam memilih itu hal biasa dalam menyalurkan aspirasinya namun persatuan dan kesatuan bangsa itulah yang utama yang harus kita jaga demi keutuhan negara kita. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita. Selain itu dengan mengikuti upacara, diharapkan kita dapat mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gagah berani bertempur di medan perang dan gugur dalam membela kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka dari itu sudah semestinya kita sebagai generasi penerus bangsa mensyukuri dan menjaga persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa, bersatu dalam perbedaan dengan harmoni Bhineka Tunggal Ika demi kemajuan Indonesia.

Akhir kata, kami Keluarga Balai Arkeologi Sumatera Utara mengucapkan Selamat Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 Tahun 2019, Ayo Kita Bangkit dan Bersatu Berjuang Untuk Kejayaan Bangsa!

berikut ketika upacara berlangsung di Balai Arkeologi Sumatera Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *