Tingkatkan Standar Layanan Keamanan dan Pelayanan Tamu, Balar Sumut Hadirkan Petugas Keamanan PPBBMPV BBL Medan

Hits: 4

sosialisasi tentang standar pemberian pelayanan prima khususnya layanan keamanan dan pelayanan tamu yang berlangsung di Balar Sumut pada Jum’at, 4/6/2021

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan petugas keamanan dan petugas kebersihan di lingkungan Balai Arkeologi Sumatera Utara, maka diadakan sosialisasi tentang standar pemberian pelayanan prima khususnya layanan keamanan dan pelayanan tamu yang berlangsung di ruang pertemuan utama Balar Sumut pada Jum’at, 4/6/2021.

Kegiatan ini menghadirkan dua orang dari PPBBMPV BBL Medan, yakni Hermansyah staf PPBBMPV BBL dan Sulaiman petugas keamanan dan dihadiri oleh Kasubbag TU Balar Sumut Dra. Hj. Nurlela, M.AP serta staf fungsional umum dan PPNPM Balar Sumut.

Kasubbag TU membuka kegiatan sosialisasi tentang standar pemberian pelayanan prima khususnya layanan keamanan dan pelayanan tamu yang berlangsung di Balar Sumut pada Jum’at, 4/6/2021

Kasubbag TU mengawali kegiatan ini menyampaikan bahwa sebagai salah satu satker yang diusulkan untuk mendapatkan predikat ZI-WBK, maka selain dokumen yang dipersiapkan untuk memenuhi kelengkapan, standar pelayanan prima khususnya layanan keamanan dan pelayanan tamu akan ditingkatkan, maka dari itu pada kesempatan ini kami mengundang Bapak dari PPBBMPV BBL Medan untuk berbagi pengalaman terkait layanan tersebut. Selain itu instansi PPBBMPV BBL Medan pada tahun 2020 sudah mendapatkan serifikat ZI-WBK dan dijadikan sebagai instansi pembimbing di wilayah Sumatera Utara.

Petugas keamanan PPBBMPV BBL Medan sampaikan pengalaman ketika bertugas pada sosialisasi tentang standar pemberian pelayanan prima khususnya layanan keamanan dan pelayanan tamu yang berlangsung di Balar Sumut pada Jum’at, 4/6/2021

Selanjutnya petugas keamanan PPBBMPV BBL Medan berbagi pengalamannya dan menyampaikan sebagai petugas keamanan di PPBBMPV BBL Medan yang tugasnya menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan/tempat kerja yang meliputi aspek pengamanan, informasi dan teknis lainnya sekaligus sebagai orang pertama yang berjumpa dengan staf, tamu dan masyarakat yang memasuki instansi, maka harus memiliki sikap ST (Siap Tanggap) terhadap hal-hal yang terjadi, baik itu tamu, barang-barang masuk dan lain sebagainya.

Siap tanggap yang pertama diawali dengan pelayanan tamu, petugas keamanan adalah orang pertama yang berjumpa dengan tamu maka sudah seharusnya memiliki sikap S3 (senyum, salam, sapa). Kita mendatangi tamu dengan wajah yang tersenyum, mengucapkan salam dan menanyakan maksud kedatangan tamu tersebut kemudian mengantar tamu tersebut ke bagian resepsionis.

Siap tanggap yang kedua adalah cara berpakaian di wilayah instansi, seorang petugas keamanan harus terlihat selalu siap, rapih dalam berpakaian menggunakan pakaian dinas sehari-hari disesuaikan dengan peraturan instansi dan dilarang menggunakan kaos selama jam kerja instansi.

Kemudian siap tanggap yang ketiga tentang kebersihan dan kerapihan petugas keamanan harus tanggap masalah kebersihan dan kerapihan di lingkungan kerja khususnya tempat pos usahakan selalu dalam keadaan bersih dan dilarang petugas keamanan merokok di dalam pos keamanan karena akan mengganggu kebersihan dan kenyamanan. Disamping itu petugas keamanan juga terlibat aktif dalam mengatur ketertiban parkir kendaraan baik kendaraan dinas, staf maupun tamu yang berkunjung.

Sikap siap tanggap dibarengi dengan senyum, salam dan sapa yang harus dimiliki petugas keamanan bukan hanya dijalankan ketika melayani tamu yang berkunjung, namun juga harus dipraktekan pada staf instansi tersebut.

Setelah penjelasan singkat tentang layanan tamu yang dibawakan oleh petugas keamanan, dilanjutkan praktek standar pelayanan tamu yang diikuti oleh seluruh peserta. Hal ini dimaksudkan agar apa yang disampaikan dapat diterima dan dimengerti oleh seluruh peserta.

Petugas keamanan praktek layani pengunjung pada sosialisasi tentang standar pemberian pelayanan prima khususnya layanan keamanan dan pelayanan tamu yang berlangsung di Balar Sumut pada Jum’at, 4/6/2021
Petugas keamanan mengukur suhu tubuh pengunjung pada sosialisasi tentang standar pemberian pelayanan prima khususnya layanan keamanan dan pelayanan tamu yang berlangsung di Balar Sumut pada Jum’at, 4/6/2021
Pengunjung diarahkan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki instansi pada sosialisasi tentang standar pemberian pelayanan prima khususnya layanan keamanan dan pelayanan tamu yang berlangsung di Balar Sumut pada Jum’at, 4/6/2021
Pengunjung diantar sampai ke resepsionis pada sosialisasi tentang standar pemberian pelayanan prima khususnya layanan keamanan dan pelayanan tamu yang berlangsung di Balar Sumut pada Jum’at, 4/6/2021
Pengunjung mengisi buku tamu secara komputerisasi pada sosialisasi tentang standar pemberian pelayanan prima khususnya layanan keamanan dan pelayanan tamu yang berlangsung di Balar Sumut pada Jum’at, 4/6/2021
Petugas resepsionis mempersilahkan tamu untuk menunggu di ruang tamu dan menghubungi staf yang dituju pada sosialisasi tentang standar pemberian pelayanan prima khususnya layanan keamanan dan pelayanan tamu yang berlangsung di Balar Sumut pada Jum’at, 4/6/2021
Staf menemui pengunjung di ruang tamu pada sosialisasi tentang standar pemberian pelayanan prima khususnya layanan keamanan dan pelayanan tamu yang berlangsung di Balar Sumut pada Jum’at, 4/6/2021

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *