Tim Perpustakaan BKLM Kemdikbud Lakukan Pendampingan Pada Perpustakaan Balar Sumut

Hits: 126

Dalam rangka  meningkatkan pengelolaan perpustakaan khusus dilingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Tim Perpustakaan Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melakukan kunjungan ke Perpustakaan Balai Arkeologi Sumatera Utara. Kunjungan Tim Perpustakaan BKLM Kemdikbud terdiri dari Chaidir Amir, S.Sos.,M.A. selaku Kasubbag Perpustakaan Kemdikbud, Taufik Asep selaku Bendahara Pengeluaran dan Sigit Supriyadi selaku Pranata Humas Ahli Muda. Adapun dalam kunjungannya dalam rangka monitoring, melakukan pendampingan terkait kegiatan perpustakaan khusus di Balai Arkeologi Sumatera Utara. Perpustakaan BKLM Kemdikbud sebagai instansi yang mempunyai tugas dan kewajiban membina perpustakaan yang ada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada kesempatan ini Ery Soedewo, S.S, M.Hum mewakili Kabalar dan Kasubbag TU Balar Sumut yang berhalangan hadir karena masih menjalankan tugas keluar kota, menerima kunjungan Tim Perpustakaan BKLM Kemdikbud di Perpustakaan Balar Sumut. Hadir dalam kegiatan ini Ketua Pokja Perpustakaan Balar Sumut Nenggih Susilowati, S.S, M.I.Kom dan petugas perpustakaan Kimlai Tarigan dan Ali Ma’ruf, S.E. Setelah melakukan serah terima antara Tim Perpustakaan BKLM Kemdikbud dan Balar Sumut, selanjutnya mengenai teknis terkait perpustakaan diserahkan ke petugas perpustakaan.  Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 17 September 2019.

Pendampingan perpustakaan diawali dengan mengisi Formulir Direktori Perpustakaan dan Instrumen Akreditasi Perpustakaan Khusus dilingkungan Kemdikbud yang dikerjakan oleh petugas perpustakaan dengan dipandu oleh Bapak Chaidir Amir serta diselingi dengan sharing/diskusi santai perihal pengelolaan perpustakaan dan penggunaan aplikasi berbasis elektronik (SLiMS) dan wadah publikasi digital di dalam Repositori Institusi Kemendikbud untuk mendukung kegiatan penyelenggaraan perpustakaan.

Dalam kesempatan ini beliau menyatakan “Koleksi perpustakaan secara umum sudah cukup baik, koleksi terbitan lembaga sudah terdokumentasikan dalam bentuk tercetak di dalam SLiMS, dan bentuk digital di dalam Repositori Institusi Kemendikbud, Koleksi terbitan lembaga telah terdistribusi ke Perpustakaan Kemendikbud, Koleksi fisik sudah terdata di SLiMS yang telah terinstal di hosting Pustekkom, dan telah tergabung di katalog induk. Lokasi perpustakaan cukup strategis dan mudah diakses, Penataan ruangan perpustakaan sudah cukup nyaman dan representatif, Komputer dan jaringan internet sudah cukup baik, Kebersihan dan kerapihan sudah cukup baik, harus terus dijaga dan ditingkatkan”

Adapun beberapa poin penting yang direkomendasi diantaranya : Perpustakaan perlu dilengkapi dengan peralatan multimedia (TV, Multimedia Player), Perlu penyediaan peralatan pendukung perpustakaan, seperti: barcode scanner, CCTV, lemari display koleksi baru, lemari loker, rak koran/majalah. Promosi perpustakaan melalui laman dan media sosial. Penerimaan magang/PKL mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan atau SMK. Adanya program dan anggaran untuk perpustakaan.

Dengan adanya kegiatan pendampingan dan pembinaan perpustakaan oleh Tim Perpustakaan BKLM Kemdikbud ini, kami rasakan sangat membantu dan memberikan pengetahuan baru tentang tata cara mengelola perpustakaan yang baik. Selama ini kami hanya mendapatkan ilmu terkait perpustakaan melalui media sosial dan banyak searching melalui internet, namun setelah adanya pendampingan ini, pengetahuan kami untuk bagaimana cara mengolah bahan pustaka mulai dari klasifikasi, katalogisasi, inventarisasi dan kelengkapan bahan pustaka menjadi lebih baik lagi. Mudah-mudahan dengan tambahan pengetahuan yang kami peroleh hari ini, dapat memotifasi diri kami sendiri dan kami dapat mengaplikasikannya pada tusi perpustakaan menjadi semakin baik lagi.

Melalui kegiatan ini, diharapkan semua perpustakaan di bawah Kemendikbud, terutama perpustakaan khusus di seluruh UPT lebih diperhatikan kembali sehingga dapat berfungsi dengan baik sebagai pusat informasi, sarana pendidikan dan rujukan dalam mengembangkan karya tulis ilmiah. (a.m)

Berikut ketika pendampingan oleh Tim Perpustakaan BKLM Kemdikbud berlangsung di Perpustakaan Balar Sumut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *