TELAAH SUMBER-SUMBER TERTULIS DI KABUPATEN PADANG LAWAS, SUMATERA UTARA

Hits: 287

Pada bulan lalu tepatnya pada tanggal 27 Juni – 8 Juli 2018, Balai Arkeologi Sumatera Utara melakukan penelitian arkeologi terkait data-data tertulis yang ada di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara. Penelitian yang dilaksanakan selama 12 hari tersebut diketuai oleh Churmatin Nasoichah, S.Hum dengan anggota 5 orang dari Balai Arkeologi Sumatera Utara dan 1 orang pamong budaya dari Museum Negeri Sumatera Utara. Selain itu, penelitian juga melibatkan 2 tenaga daerah diantaranya 1 orang dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Lawas dan 1 orang ketua Adat Padang Lawas.

Terdapat beberapa lokasi yang menjadi tujuan penelitian ini, diantaranya Sibuhuan yang merupakan ibukota Kabupaten Padang Lawas, lalu penelitian mengarah ke Barumun, Sosa, Portibi, Sosopan dan beberapa lokasi lain yang menurut informasi tenaga daerah merupakan lokasi kampung/desa lama. Jarak tempuh masing-masing lokasi menjadi kendala utama dalam pelaksanaan penelitian ini. Selain itu, sudah sulitnya mendapatkan dat-data tertulis baik berupa naskah maupun prasasti karena banyak yang sudah berpindah tangan ataupun kurangnya keterbukaan dengan pihak luar juga menjadi kendala dalam pelaksanaan penelitian ini.

Dalam penelitian ini didapatkan beberapa naskah diantaranya naskah beraksara arab melayu, naskah bambu milik marga Pasaribu yang masih difungsikan hingga saat ini, naskah-naskah belanda beraksara latin dengan watermark, tarombo-tarombo, naskah batak yang sudah disalin ulang, serta beerapa artefak-artefak lain seperti keris, tempat sirih, peralatan pernikahan dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, terdapat juga beberapa makam dengan batu nisan kuno, makam-makam leluhur marga Hasibuan, arca-arca Hindu-Buddha yang diletakkan di bangunan Bagas Godang, serta 1 prasasti beraksara Melayu Kuno.

Berikut beberapa kegiatan penelitian yang dilaksanakan di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *