Situs Gua Togi Ndrawa

Hits: 652

Gua Togi Ndrawa adalah deretan ceruk dan gua yang berada di wilayah Lolowonu Niko’otano, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli. Gua yang pernah dihuni dari pertanggalan 2.170 ± 400 BP (before present) hingga 850 ± 90 BP ini pernah diteliti oleh beberapa pihak yaitu,

  1. Tahun 1995, Penelitian pada awalnya dilakukan oleh tim dari Universitas Airlangga bekerja sama dengan Yayasan Pusaka Nias. Kegiatan ini dimotori oleh Glinka dan Erawan tersebut menghasilkan sisa aktivitas masa prasejarah di Gua tersebut.
  2. Tahun 1999-2000, penelitian Balai Arkeologi Sumatera Utara
  3. Tahun 2002, Penelitian terpadu yang dilakukan oleh International Reseach Development (IRD) Perancis, Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, dan Balai Arkeologi Medan.

Keberadaan situs dengan karakter tekno komplek Hoabinh ini memberikan gambaran bahwa proses hunian dalam sebuah wilayah budaya cukup panjang dan variatif baik dariaspek budaya mapun ras pendukungnya, sehingga aspek pluralisme dan multikultural itu adalah hal yang tak dapat dibantahkan.

  • Artefak batu; meliputi alat serpih, Pelandas/Pemukul, Pemukul, kapak genggam, lancipan dan spatula.
  • fragmen gerabah;
  • Ekofak fauna (Pisces; Reptilia (Ophidia (ular), Squamosa (kadal-buaya), Chelonia (kura-kura, penyu); Mamalia (Carnivora, Rodentia (hewan pengerat), Chiroptera (hewan bersayap selaput) dan Primata (Cercopithecidae Macaca dan Hominidae); Arthropoda (Skila serrata sp). yang termasuk Crustacaea, Decapoda)

Informasi lebih lanjut:

Wiradnyana, Ketut. 2011. Prasejarah Sumatera Bagian Utara: Kontribusi pada Kebudayaan Masa Kini. Jakarta: Yayasan Obor

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *