Seniman Gayo Manfaatkan Loyang Inen Mayak Pukes Sebagai Tempat Ekspresi Pembacaan Puisi

Hits: 15

Repost

Laporan Fikar W Eda I Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Seniman Gayo, memanfaatkan Loyang Inen Mayak Pukes tepi Danau Laut Tawar Aceh Tengah sebagai tempat pembacaan puisi yang kemudian ditayangkan secara virtual di media sosial.

Kegiatan pentas puisi tersebut digagas Komunitas Gayo Prasejarah, sebagai bagian dari apresiasi terhadap penggalian dan penelitian arkeologi yang dilakukan Tim Peneliti dari Balai Arkeologi Sumatera Utara pimpinan Dr Ketut Wiradnyana MSi.

 

Para seniman Gayo yang khusus merekam pembacaan puisi dalam iringan musik Teganing, gerantung dan gernang itu terdiri dari Yus Oloh Guwel yang juga Kepala SD 3 Pegasing, Selamat Din, Ketua Musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (MK3S) Aceh Tengah, Win Sastra Oloh Guwel, Devie Matahari dan penyair Fikar W.Eda

Puisi yang dibacakan “Inen Mayak Pukes Pengantin Batu,” ditayangkan melalui YouTube dan Facebook.

“Kami ingin memaknai penelitian dan penggalian arekologi yang dilakukan Pak Ketut dan Tim dengan cara berkeskpresi melalui puisi dan musik. Penggalian ini berhasil mengungkap asal muasal dan kehidupan Gayo Prasejarah. Ini penelitian hebat, bahwa telah membuka misteri besar tentang asal usul orang Gayo, yang ternyata sudah hidup dan berkembang sejak 8400 tahun silam. Ini adalah temuan ilmiah dengan metode-metode yang salam ilmiah dan akademis,” ujar Yus Oloh Guwel, pendiri dan pimpinan Sanggar Oloh Guwel Pendere Aceh Tengah.

Seniman Gayo lain yang membuat rekaman khusus pembacaan puisi dengan latar Loyang Mendale adalah penyair Salman Yoga.

Pembacaan puisi Salaman kemudian juga ditayangkan di media sosial.

“Beginilah cara kami kalangan seniman mengekspresikan temuan dan penelitian Balai Arkeologis Sumatera Utara itu,” ujar Salman yang sedang menyelesaikan program doktor di salah satu perguruan tinggi di Medan.

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Ansari Hasyim



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *