Seminar Bersama Thomas Ingicco di Balai Arkeologi Sumatera Utara

Hits: 70

Balai Arkeologi Sumatera Utara dan AllianceFrançaise Medan menyelenggarakan Seminar bertema Humans and Monkeys in Java 12,000 Years Ago yang dibawakan oleh Thomas Ingicco dari Prancis yang berlangsung  pada 24 Juni 2019 di ruang rapat Balai Arkeologi Sumatera Utara.

Hadir dalam seminar ini yaitu direktur AllianceFrançaise Medan yaitu Chloé Graniou, Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara yaitu Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si, ada juga dihadiri dari Team Ahli Cagar Budaya (TACB), perwakilan dari UNSAM Aceh, perwakilan dari UNSYIAH Aceh, UNIMED, SMA Sutomo 1 Medan, dan dari media Tribun Medan.

Mengacu pada tema seminar yaitu Humans and Monkeys in Java 12,000 Years Ago dapat disimpulkan bahwa hubungan manusia dengan monyet adalah bahwa monyet domestikasi pada 12,000 tahun yang lalu di jawa. Hal ini diketahui dari perlakuan pada tulang hewan-hewan dan kerusankan gigi yang menunjukkan bahwa monyet-monyet yang dipelihara itu kerusakan giginya diakibatkan oleh konsumsi daun-daunan. Selain itu, di identifikasi sebagai monyet betina. Jadi, yang diburu pada masa 12,000 tahun yang lalu adalah monyet betina yang anaknya di pelihara sekaligus dikuburkan pada saat pemiliknya meninggal (dikuburkan bersamaan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *