Rumah Peradaban Padanglawas Segera Dilaksanakan

Hits: 30

 

Menindaklanjuti hasil koordinasi Kepala Balar Sumut, Ketut Wiradnyana, beserta Ketua Panitia Rumah Peradaban Padanglawas, Andri Restiyadi, dengan Dinas di Kabupaten Padang Lawas Utara yang dilakukan pada Senin, 14 Juni 2021 di Gunungtua, Kabupaten Padanglawas Utara akan diadakannya kegiatan Rumah Peradaban Padanglawas pada tahun 2021 ini. Terkait hasil itu, Kamis, 17 Juni 2021, Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara mengundang Panitia Rumah Peradaban Padanglawas, Pejabat Pembuat Komitmen, dan Ka Subbag Tata Usaha untuk membahas mekanisme penyelenggaraan Rumah Peradaban Padanglawas di ruang kerjanya.

Koordinasi kegiatan RP Padanglawas ini akan digelar di Kawasan Biara Bahal I yang lokasi berada di Desa Bahal, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padanglawas Utara. Untuk waktu pelaksanaan kegiatan masih belum ditentukan karena terkait beberapa hal teknis yang masih harus dikoordinasikan. Lokasi ini dianggap tepat karena sudah pernah dilakukan penelitian oleh Balar Sumut dan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah utama di Kabupaten Padanglawas Utara. Gelaran RP Padanglawas di lokasi tersebut diharapkan dapat memperkenalkan lebih luas lagi informasi keberadaan tinggalan arkeologi masa Hindu-Buddha di Sumatera Utara serta dapat menggiatkan wisata sejarah khususnya di Padanglawas Utara dan Sumatera Utara pada umumnya terutama pada era kenormalan baru karena pandemi covid-19. 

Peserta kegiatan RP Padanglawas ini adalah anak-anak didik tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Padanglawas Utara. Rangkaian kegiatan yang akan dilakukan antara lain adalah Lomba Rekonstruksi Gerabah, Lomba Mewarnai, Kunjungan Situs, Lomba Menulis, dan Pemutaran Film Budaya. Rangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi sarana mengenalkan lebih dekat warisan budaya nenek moyang dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Hal itu sesuai dengan tagline Rumah Peradaban, Mengungkap, Memaknai, dan Mencintai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *