Religi Tradisi Megalitik Masyarakat Nias

Hits: 167

Balai Arkeologi Sumatera Utara untuk ketiga kalinya menggelar webinar arkeologi, pembahasan kali ini akan mengambil tema “Religi Tradisi Megalitik Masyarakat Nias” yang direncanakan berlangsung pada Rabu, 24 Juni 2020 pukul 10.00 WIB s.d. selesai. Webinar ini menghadirkan Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si selaku Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara sebagai narasumber, Prof. Dr. Ibrahim Gultom sebagai penanggap dan Aufrida Wismi Warastri selaku wartawan media cetak Kompas sebagai moderator.

Adapun webinar ini akan menyampaikan religi tradisi megalitik masyarakat Nias, Masyarakat Nias kuno hidup dalam budaya megalitik, hal ini dibuktikan oleh peninggalan sejarah berupa ukiran pada batu-batu besar yang masih ditemukan di wilayah pedalaman pulau ini yang terjaga sampai sekarang. Bagaimana kepercayaan masyarakat pada masa megalitik saat itu, perkembangan utara-selatan, hubungan dengan konsep-konsep religi lama yang terkait dengan kehidupan masyarakat Nias (sistem kosmologi dan sistem pengaturan ruang).

Sahabat arkeologi pencinta budaya, sejarah tanah air dimanapun berada, seperti apa pembahasan yang akan disampaikan narasumber yang tentunya menarik untuk disaksikan. langsung saja daftar/registrasi di: bit.ly/PendaftaranWebinar3 gratis dan kuota terbatas, narahubung 081264906437 (Winda). Selain itu webinar ini juga akan disiarkan langsung di kanal youtube resmi kami Balai Arkeoogi Sumatera Utara dan instagram @balarsumut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *