Rapat Rutin Bulanan Pada Masa New Normal Di Balar Sumut

Hits: 74

Medan, Balai Arkeologi Sumatera Utara mengadakan rapat rutin bulanan di ruang rapat utama Balarsumut. Rapat ini berlangsung Senin 08/06/2020 pukul 09.00 WIB s.d. selesai. Rapat  dipimpin oleh Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si. selaku Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara didampingi Dra. Hj. Nurlela, M.AP selaku Kepala Subbagian Tata Usaha Balai Arkeologi Sumatera Utara, dan dihadiri secara langsung oleh staf Balai Arkeologi Sumatera Utara yang melaksanakan WFO (work from office)  dan secara virtual oleh staf yang melaksankan WFH (work from home) di masa new normal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam penyelenggaraannya.

Rapat bulanan ini membahas “log harian, bukti kerja Bulan Mei, jam kerja pada masa new normal, penerbitan, laporan atau kontrak, diskusi peneliti”. Dalam sambutannya kabalar menyampaikan dari hasil review terhadap log harian pegawai bahwa penulisan log harian masih belum detail mengenai kegiatan yang dilaksanakan, sehingga masih belum maksimal hasil pekerjaannya, apabila terdapat rencana bulanan yang tidak terealisasikan, hal ini memiliki konsekuensi berkaitan dengan peneriman tunjangan kinerja maka dari itu setiap pegawai diharapkan untuk mereview dan mencapai rencana masing-masing setiap bulannya. Terkait bukti kerja bulan Mei saya lihat sudah lebih baik, apabila mendapatkan tugas tambahan, diharapkan tetap mengerjakan dan mengutamakan tugas utama ”ujarnya”.

Selanjutnya mengenai sistem kerja pada masa new normal, merujuk pada pedoman surat edaran Kemdikbud bahwa  pegawai melakukan rekam kehadiran sistem elektronik paling lambat pukul 08.30 dan kepulangan paling cepat pukul 15.00 waktu setempat bagi pegawai yang melaksanakan tugas kedinasan dari kantor, dan melakukan konfirmasi kedatangan paling lambat pukul 08.00 dan kepulangan paling cepat pukul 16.30 waktu setempat secara daring bagi pegawai yang melaksanakan tugas kedinasan dari rumah/tempat tinggal. Pegawai dapat diberikan toleransi waktu kedatangan paling lama 30 (tiga puluh) menit dari waktu yang ditentukan dengan kewajiban penggantian waktu setelah jam kepulangan dalam hari yang sama.

Tingkat kehadiran pegawai pada masa new normal tidak mencapai 50 % dari jumlah keseluruhan, dengan mempertimbangkan faktor usia dan kebutuhan kerja maka disusunlah jadwal kerja, apabila dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian maka jadwal dapat didiskusikan kembali untuk dilakukan perbaikan, begitu juga dengan pegawai yang berstatus WFH apabila dikemudian hari dibutuhkan kehadirannya maka pegawai tersebut dapat dipanggil untuk hadir di kantor.

Pembahasan mengenai terbitan/jurnal di Lingkungan Balai Arkeologi Sumatera Utara di tahun 2019 telah selesai, terbitan itu berupa: Sangkhakala vol. 22, no.1, Mei 2019 dan Sangkhakala vol. 22, no.2, November 2019. Adapun di tahun 2020 berupa: Sangkhakala vol. 23, no. 1, Mei 2020 sudah dapat diakses secara daring (open journal system) dan untuk versi cetak masih dalam proses penyelesaian di percetakan, begitu juga dengan buku seri rumah peradaban Samosir masih dalam proses cetak di percetakan. Selain itu untuk buku lain 25 Tahun Penelitan Arkeologi direncanakan akan selesai sampai bulan Juli 2020, maka dari itu dibutuhkan artikel, peran dan sumbangsih rekan-rekan peneliti dalam proses penyelesaian agar sesuai dengan waktu yang direncanakan.

Terkait mengenai Laporan Penelitian dalam rapat ini dihimbau untuk dilakukan perbaikan dengan mengupdate tambahan data yang tersedia sebelum tiba waktu pemeriksaan. Dan menyerahkan softcopy laporan penelitian kepada pegawai pengelola data arkeologi, dengan harapan jika sewaktu-waktu dibutuhkan kembali dapat segera ditemukan laporan tersebut.

Selanjutnya pembahasan mengenai desk study, sebagian besar peneliti Balarsumut menyususn desk study dibawah 100 juta, padahal jika merujuk pada data SAKTI standar nominal yang harus diisi sesuai dengan pagu sebesar 120 juta. Maka dari itu peneliti dihimbau untuk merevisi RD nya masing-masing.  Bila dalam penyusunan perbaikan mengalami kesulitan maka staf administrasi bersedia membantu demi kelancaran secara administratif keuangan.

Kemudian rencana peneliti untuk mengadakan webinar pembahasan hasil penelitian arkeologi dengan melibatkan pihak eksternal akan dibahas kembali lebih lanjut yang direncanakan pada pekan ini.

Demikian hasil rapat yang dapat kami himpun pada rapat rutin bulanan yang diselenggarakan di Balai Arkeologi Sumatera Utara pada masa new normal artinya meskipun masih dalam masa pandemi covid-19 tidak menyurutkan semangat untuk bekerja dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti membiasakan selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan hindari kerumunan banyak orang dan lain sebagainya, kemudian rapat ini ditutup oleh Kasubbag TU Balar Sumut.

Berikut rapat rutin bulanan pada masa new normal yang diselenggarakan di Balai Arkeologi Sumatera Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *