Rapat Rutin Bulan Agustus 2020

Hits: 61

Medan, Balai Arkeologi Sumatera Utara mengadakan rapat rutin bulanan di ruang rapat utama Balarsumut. Rapat ini berlangsung Senin 31/08/2020 pukul 13.00 WIB s.d. selesai. Rapat  dipimpin oleh Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si. selaku Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara didampingi Dra. Hj. Nurlela, M.AP selaku Kepala Subbagian Tata Usaha Balai Arkeologi Sumatera Utara, dan diikuti secara langsung oleh staf Balai Arkeologi Sumatera Utara yang melaksanakan kerja dari kantor WFO (work from office)  dan secara virtual zoom oleh staf yang melaksankan kerja dari rumah WFH (work from home).

Beberapa poin penting yang disampaikan dalam rapat bulanan ini diantaranya pembahasan program Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Rumah Peradaban, Akreditasi Sangkhakala, Penelitian Desk Study, Buku 25 Tahun Balarsumut, Sitasi Artikel, Standar Operasional Prosedur (SOP), SINDE, Log Harian  dan lain-lain.

Dalam kesempatan ini kabalar mengawali rapat membahas terkait WBK dan menyampaikan bahwasanya instansi kita menjadi salah satu instansi yang direncanakan akan dinilai oleh pusat dalam menjalankan program WBK, kemungkinan di tahun depan instansi kita akan dinilai. Komponen apa saja yang masuk dalam ranah penilaian, salah satunya adalah keadaan fisik instansi yaitu kebersihan, kerapihan dan keamanan dan lain sebagaianya, selain itu sarana dan prasarana kemudian kinerja pegawai seperti kedisiplinan serta inovasi.

Kemudian dilanjutkan pembahasan terkait rumah peradaban, dimana penyelanggaraan kegaiatan rumah peradaban dilaksanakan didua tempat yakni di Samosir dan Padang Lawas, untuk penyelenggaraan rumah peradaban Samosir telah dilaksanakan dan berjalan dengan baik, untuk laporan kegiatan telah selesai tinggal menyerahkan ke bagian kepegawaian untuk mengurus penyelesaian administrasi.  Selanjutnya penyelenggaraan rumah peradaban Padang Lawas direncanakan akan dilaksankan di bulan September, sejauh ini persiapan RP Padang Lawas sudah berjalan diantaranya tim telah menyiapkan paket buku sebanyak 3.750 eksemplar yang dibagikan untuk 250 sekolah terdiri dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Rencana pendistribusian paket buku tersebut direncanakan ketika tim RP Padang Lawas melaksanakan koordinasi dengan dinas terkait di Padang Lawas dalam waktu dekat ini.

Selanjutnya pembahasan terkait akreditasi jurnal sangkhakala, perkembangan yang kami peroleh bahwasanya tahun ini redaksi sangkhakala sedang mengupayakan proses akreditasi, diharapkan untuk tahun depan jurnal sudah terakreditasi  sehingga akan semakin banyak menarik para penulis untuk menerbitkan artikel di sangkhakala, selain itu redaksi juga mengupayakan terindeksasi DOAJ karena dianggap lebih mudah karena hanya melihat komponen lamannya, sedang untuk terindek SINTA sedikit lebih rumit karena melihat kontennya juga, namun kami percaya seiring berjalannya waktu jurnal sangkhakala akan terindek SINTA. Dan dalam pembahasan ini menerima masukan untuk menambah reviewer dari disiplin ilmu sejarah dan arsitektur dengan tujuan semakin banyak reviewer maka akan semakin baik kualitas artikel yang diterbitkan.

Memasuki pembahsan penelitian desk study, disini diuraikan sudah sejauh mana proses desk study dijalankan oleh peneliti agar diketahui progres pengerjaannya dan untuk peneliti yang belum menjalankan desk study agar segera memulainya. Dilanjutkan pembahasan buku 25 tahun Balarsumut, tim penyusunan buku tersebut dihimbau agar lebih sering mengadakan pertemuan atau rapat kecil agar proses penyusunan dapat berjalan dengan baik karena sudah melewati batas waktu yang direncanakan. Lanjut pembahasan mengenai sitasi jurnal dalam rapat ini disampaikan bahwasanya artikel yang kita terbitkan baik di jurnal yang terakreditasi maupun tidak terakreditasi harus bisa diukur sudah seberapa banyak artikel disitasi oleh orang lain artinya artikel yang diterbitkan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan informasi dan itu merupakan bagian dari keberhasilan individu, instansi, balitbang, laporan sitasi ini nantinya akan direkap dan masuk LAKIP instansi maka dari itu dalam rapat ini menugaskan tatalaksana untuk menyiapkan SOP pengumpulan data sitasi karena itulah tuntutan pemerintah kita saat ini.

Selanjutnya pembahasan mengenai SINDE, pada kesempatan ini disampaikan bahwa setiap kali kita mendapatkan surat masuk melalui aplikasi SINDE maka diharapkan untuk memberikan respon dengan memberikan balasan itu artinya penyampaian informasi dari operator telah sampai ke penerima dibuktikan dengan tanggapan pada aplikasi, kemudian mengenai log harian disampaikan kepada seluruh pegawai untuk megisi log harian masing-masing sesuai dengan tugas fungsinya dibuktikan dengan mencetak bukti kerja dan diserahkan kepada atasan diakhir bulan. Kemudian rapat dilanjutkan pembahasan mengenai SAKIP, Tender, Kepegawaian, Simproka, Koperasi, Buku Pengayaan dan lain sebagainya.

Demikian hasil rapat yang dapat kami uraikan pada rapat rutin bulanan yang diselenggarakan di Balai Arkeologi Sumatera Utara. Adapaun tujuan rapat rutin ini adalah untuk mengukur atau menilai apakah suatu kegiatan atau program yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan atau tujuan yang ingin dicapai. Kemudian tingkat pencapaian suatu kegiatan sesuai dengan tujuannya. Dan mengenai kegiatan atau program yang belum dilaksanakan agar segera dilaksanakan sehingga dapat diukur keefektifan dan keefisienan program yang dijalankan.

Berikut rapat rutin bulanan pada Agustus 2020 yang diselenggarakan di Balai Arkeologi Sumatera Utara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *