Rapat Perencanaan Kegiatan Rumah Peradaban 2021

Hits: 23

Balai Arkeologi Sumatera Utara menyelenggarakan Rapat Perencanaan Kegiatan Rumah Peradaban 2021 di ruang rapat utama Balar Sumut pada Jum’at, (15/1/2021).

Pada kesempatan ini Stanov Purnawibowo, M.A. membuka rapat dan menyampaikan Rumah Peradaban TA 2021 akan dilaksanakan di Padanglawas Utara dan Barus, alat peraga yang harus disiapkan antara lain: film sebanyak 2 buah, buku pengayaan sebanyak 2 buah  terdiri dari buku pengayaan Padanglawas dan Buku Pengayaan Barus.

Sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan yang baru maka honor panitia sudah tidak ada, diganti ke perjalanan dinas. Perjadin yang dianggarkan 5 hari kerja dengan 3 hari kerja efektif di lapangan. Dalam laporan kegiatan Rumah Peradapan agar bagian lampiran dilengkapi dengan daftar-daftar penerima hodie bag, alat peraga, daftar hadir dan hal lain yang diperlukan untuk menunjang keakuratan data laporan. Panitia diharapkan menyusun kuisioner yang sederhana dengan sasaran siswa SD. Tema Rumah Peradapan Padanglawas Utara “Biara Bahal Sisa Kebudayaan di Padanglawas Utara” dan Tema Rumah Peradapan Barus “Barus Dalam Dinamika Perniagaan Global”. Imbuhnya.

Kemudian dilanjutkan diskusi antar peserta rapat terkait penyelenggaraan kegiatan rumah peradaban, dari hasil diskusi disimpulkan Pelaksanaan Rumah Peradaban 2021 ada 3 skenario yakni :

  • Pertama : sesuai perencanaan awal mudah-mudahan kita masih bisa melaksanakan seperti biasa,
  • Kedua : mengurangi jumlah undangan dan menerapkan social distancing (tidak membutuhkan revisi anggaran), dan
  • Ketiga : jika kondisi pandemic Covid 19  mengalami kenaikan maka dilaksanakan secara virtual (membutuhkan revisi anggaran).

Pada skenario 1 atau maksimal skenario 2, Rumah Peradapan Padanglawas Utara dilaksanakan bulan Juli 2021 dengan metode langsung ke Situs; untuk Rumah Peradapan Barus ada 2 opsi :

  • Opsi pertama : satu kegiatan di titik nol (pameran) dan satu kegiatan lagi kunjungan situs di Barus komplek Makam Mahligai;
  • Opsi kedua : Puslit di titik nol dan Balar melakukan kegiatan mengumpulkan anak sekolah di Makam Mahligai.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *