Rapat Kerja Perencanaan Jadwal Penelitian Tahun 2020

Hits: 108

Balai Arkeologi Sumatera Utara menyelenggarakan Rapat Kerja Perencanaan Jadwal Penelitian  Tahun 2020 pada Rabu, 19 Februari 2020 di Ruang Kabalar. Acara dibuka oleh Kabalar Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si, dan dihadiri oleh Fungsional Peneliti Balar Sumut.

Dalam kegiatan ini membahas terkait jadwal perencanaan pelaksanaan penelitian Tahun 2020 yang sedianya akan dimulai paling cepat pada Bulan Maret Minggu ketiga. Berdasarkan informasi yang kami peroleh jumlah penelitian tahun ini mencapai delapan penelitian arkeologi. Dengan lokasi penelitian berada di wilayah Aceh, Dairi, Samosir, Dharmasraya, Sumatera Barat, Bintan Kepulauan Riau.

Selain itu rapat ini juga membahas terkait perbaikan proposal penelitian, proposal penelitian yang tidak disetujui diupayakan dilakukan perbaikan kembali dan rencananya akan diajukan di tahun depan.

Berikut rencana jadwal penelitian arkeologi di lingkungan Balai Arkeologi Sumatera Utara.

Nama Peneliti Lokasi Rencana Pelaksanaan Penelitian
Defri Elias Simatupang, S.S., M.Si Sumatera Utara Maret 2020
Stanov Purnawibowo, MA Kepulauan Riau Maret 2020
Drs. Yance, M.Si Samosir, Sumatera Utara April 2020
Repelita Wahyu Oetomo, S.S Dharmasraya, Sumatera Barat Juni 2020
Churmatin Nasoichah, S.Hum Kab. Dairi, Sumatera Utara Juni 2020
Nenggih Susilowati, S.S., M.Ikom Sumatera Barat Juni 2020
Taufiqurahman Setiawan, M.A Aceh Juli 2020
Belum ditentukan Aceh Belum ditentukan

3 thoughts on “Rapat Kerja Perencanaan Jadwal Penelitian Tahun 2020

  • 20 Maret 2020 pada 09:54
    Permalink

    Salam, saya Nurman Kholis (Peneliti Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama). Mohon info terkait penemuan koin-koin perak di Sibolga yang konon merupakan koin-koin cetakan pada masa Bani Umayyah di Arab pada abad ke-8 Masehi. Apakah sudah diteliti oleh peneliti Balai Arkeologi Sumut atau belum?. Saya memerlukan data tersebut sehubungan dengan rencana penugasan penelitian saya terkait koin-koin kuno Islami yang tersebar dari Arab ke Nusantara. Hal ini terutama data tentang logam bahan pembuatannya, berat dan inskripsi pada koin-koin kuno tersebut. Terima kasih.

    Balas
    • 6 April 2020 pada 15:04
      Permalink

      Salam,,, mohon maaf atas keterlambatan dalam membalas pertanyaan yang disampaikan melalui website ini. kami sudah mengupayaan mencari informasi dengan bertanya kepada Peneliti Balar Sumut terkait pertanyaan yang Bapak sampaikan. Bahwasanya sampai saat ini belum diteliti lebih lanjut, baru sebatas peninjauan pada tahun 2019 yang lalu. Terima kasih..
      Salam …

      Balas
  • 28 April 2020 pada 23:15
    Permalink

    Terima kasih Pak Ali Ma’ruf atas informasinya. Karena itu, mohon maklum atas pertanyaan saya berikutnya ini: Apakah koin-koin kuno Islami tersebut masih tersimpan di Sibolga atau sudah tersimpan di Balai Arkeologi Sumatera Utara. Jika berkenan, apakah saya boleh mengakses foto untuk melihat inskripsi beraksara Arab berikut simbol-simbol Islami pada koin-koin kuno tersebut? Terima kasih.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *