Rapat Evaluasi Program/Kegiatan Di Balar Sumut

Hits: 35

Balai Arkeologi Sumatera Utara kembali menyelenggarakan rapat rutin di ruang rapat Balai Arkeologi Sumatera Utara pada Hari Kamis, 01 November 2018. Perihal rapat tentang Evaluasi Program Kerja pada Balar Sumut. Rapat dihadiri seluruh pegawai Balar Sumut baik PNS maupun Honorer. Rapat dimulai pukul 09.00 WIB s.d. selesai dan dibuka oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Dra. Hj. Nurlela, M.A.P., dan dilanjutkan oleh Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si.

Dalam kesempatan ini Kabalar menyampaikan bahwa beberapa waktu yang lalu terkait dengan kunjungan dari Tim Inspektorat Jenderal Kemdikbud menyatakan bahwa apabila instansi menyelanggarakan rapat maka tidak perlu lagi menyediakan makan karena pegawai sudah mendapatkan uang makan, selain itu untuk para peneliti mengenai tenaga lokal yang diperbantukan dalam penelitian arkeologi, upah perhari tidak boleh sampai Rp.150.000/orang. Dan di tahun 2019 di himbau untuk menyusun renstra (rencana strategis) untuk masa kerja selama 5 tahun. Contohnya setiap peneliti harus memiliki grand design penelitian artinya peneliti harus merancang apa-apa saja yang diprelukan dalam melakukan sebuah penelitian arkeologi selama 5 tahun. Saptam juga harus bisa merencanakan apa saja yang dibutuhkan dalam melaksanakan tugas jaganya selama 5 tahun. Untuk bagian persuratan misalkan printer harus diganti apabila sudah lebih dari 2 tahun masa kerjanya.

Masih terkait untuk para peneliti, peneliti wajib memiliki sinta, karena akan di evaluasi oleh pusat sudah sejauh mana hasil dari penelitian kita sudah dimanfaatkan oleh orang lain, dan peneliti juga harus menyiapkan proposal untuk penelitian yang akan datang, serta apabila memerlukan tenaga ahli maka sebaiknya didatangkan tenaga ahli tersebut selain untuk membantu proses penelitian juga dapat menyerap anggaran yang tersedia dengan baik. Untuk penelitian yang sudah selesai, peneliti wajib menulis artikel untuk diterbitkan minimal 2 artikel dan dihimbau untuk membuat laporan penelitiannya sebanyak 7 rangkap untuk di kirim ke pusat, dan apabila ada yang belum selesai maka secepatnya untuk menyelesaikan laporannya tersebut.

Selain kegiatan penelitian Kabalar juga memberi masukan pada kegiatan lain seperti perpustakaan agar membuat laporan bulanan tujuannya agar kita tahu seberapa banyak buku-buku yang di pinjam dan yang sudah dikembalikan ke perpustakaan. Untuk bagian persuratan agar membuat laporan surat masuk dan keluar serta surat yang belum ditanggapi. Pada kesempatan ini Kasub.Bag.TU juga menghimbau agar setiap pegawai membuat log harian dan mengisi SKP nya masing-masing dengan baik.

Demikian beberapa masukan dari Kabalar dan Kasub.Bag.TU terkait rapat evaluasi kegiatan di Balar Sumut, kiranya dapat di mengerti dan dijalankan apa-apa yang menjadi masukan demi kebaikan instansi kita bersama kedepannya.

Berikut ketika rapat evaluasi berlangsung di Balar Sumut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *