Rakor Perpustakaan di Lingkungan Puslitarkenas (Jakarta, 8-10 Agustus 2018)

Hits: 34

Balai Arkeologi Sumatera Utara mengikuti Rapat Koordinasi Perpustakaan di Lingkungan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Rakor ini berlangsung di Jakarta tepatnya pada tanggal 8 s.d 10 Agustus 2018, rakor dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Bapak I Made Geriya yang di hadiri oleh Sekretariat Balitbang Kemendikbud, Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Pusat Penelitian Pendidikan, Kasub. Bag Perpustakaan BKLM Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan 9 (sembilan) Pengelola Perpustakaan Balai Arkeologi di Indonesia.

Dalam rapat ini dibahas bagaimana pengelolaan perpustakaan dimasa sekarang agar mudah di akses oleh pemustaka dalam mencari informasi, maka dari itu dibutuhkan sebuah terobosan aplikasi yang dapat memudahkan pemustaka. Selain aplikasi juga dibutuhkan SDM yang kompeten di bidang perpustakaan, mulai dari penguasaan aplikasi untuk menunjang teknologi informasi yang dibutuhkan saat ini, kesiapan dalam melayani serta penataan koleksi sesuai dengan kodefikasi.  Selain itu juga dibutuhkan fasilitas yang nyaman untuk pemustaka, mulai dari kebersihan, kerapihan dan penerangan yang cukup di sertai fasilitas pendingin ruangan (AC).

Koleksi perpustakaan sebaiknya dikelola sesuai dengan perkembangan zaman, seperti aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan sebagai wadah koleksi yang mudah di akses oleh pemustaka. Selain SliMS juga ada Repository yaitu sebuah aplikasi yang telah di buat sedemikian rupa sehigga bisa di akses melalui internet. Dengan demikian diharapkan peran perpustakaan baik yang diperuntukan untuk perpustakaan khusus ataupun umum sebagai pusat informasi dapat memenuhi kebutuhan layanan informasi.

Berikut kegiatan Rapat Koordinasi yang di ikuti Balai Arkeologi Sumatera Utara yang diadakan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Tahun 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *