Pengenalan Arkeologi Bagi Siswa-Siswi SMA Di Kota Gunung Sitoli

Hits: 23

Pengenalan arkeologi bagi siswa/i SMA di Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias Selatan yang digelar oleh Balai Arkeologi Sumatera Utara bekerja sama dengan Museum Pusaka Nias berjalan dengan sukses. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Balar Sumut Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si, beliau merupakan Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara dan Kepala Museum Pusaka Nias, Bapak Nata’alui Duha. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 10 April 2019 yang dihadiri sebanyak 80 siswa/i dari SMA dan SMK Kota Gunung Sitoli.

Balai Arkeologi Sumatera Utara merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang beralamat di jalan Seroja Raya, Gg. Arkeologi No. 1, Tanjung Selamat, Medan Tuntungan, Medan, yang mempunyai tugas melaksanakan penelitian di wilayah kerja lima provinsi, yaitu Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau, serta mempunyai fungsi salah satunya memperkenalkan dan menyeberluaskan hasil penelitian arkeologi.

Kegiatan pengenalan arkeologi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Balar Sumut dalam menyebarluaskan informasi serta memberikan pemahaman ilmu pengetahuan terkait arkeologi kepada siswa/i tingkat SMA. Sekaligus membuka akses bagi siswa/i yang ingin menjadi arkeolog dapat melanjutkan pendidikannya di universitas yang menyediakan prodi arkeologi, diantaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Univeritas Udayana serta satu-satunya universitas yang menyediakan prodi arkeologi di Pulau Sumatera yaitu Universitas Jambi. Selain itu, membakali pemahaman tentang arkeologi, generasi bangsa ini diharapkan mampu ikut serta menjaga dan melestarikan situs-situs yang ada di daerahnya masing-masing. Dengan begitu situs-situs yang ada di Indonesia pada umumnya dan di Gunung Sitoli pada khususnya Kabupaten Nias Selatan tidak asing lagi bagi generasi milenial saat ini, juga diharapkan dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi daerah tersebut. Selain mempunyai keindahan panorama lautnya wisata situs juga dapat melengkapi pilihan yang menarik.

Berikut ketika pengenalan arkeologi bagi siswa/i SMA di kota Gunung Sitoli berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *