Balarsumut Kembali Teliti Tompok Syoiah (I), Situmbuk, Sumbar

Hits: 79

Balai Arkeologi Sumatera Utara kembali melakukan penelitian di Situmbuk, Kec. Salimpaung, Kab. Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini dilakukan di Ngalau Tompok Syoiah (I). Penelitian yang dilakukan oleh Tim Balar Sumut yang diketuai oleh Nenggih Susilowati, SS. M.I.Kom. Penelitian ini juga melibatkan  Balai Pelestarian Cagar Budaya Batusangkar, masyarakat sekitar lokasi serta mahasiswa jurusan Arkeologi dari Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian tahun 2016 dan 2017 pada lokasi yang sama. Penelitiaan ini akan berlangsung pada tanggal 23 Juli hingga 11 Agustus 2018.

Penelitian dilakukan di gua yang diduga merupakan tempat hunian pada masa itu dan memiliki gambar-gambar cadas berwarna putih di dindingnya . Gua ini memiliki mulut selebar lebih kurang 2 m, menghadap ke selatan dengan luas bagian dalam  45 meter persegi dan tinggi ruang 4,20 meter. Pada bagian tengahnya terdapat tumpukan batu yang menyerupai bentuk makam dengan orientasi timur-barat (dipercaya sebagai makam Angku Shaliah). Pada bagian tengahnya terdapat  menhir. Kondisi dalam gua yang gelap, mengharuskan penelitian dengan menggunakan penerangan tambahan dengan genset.

Pada penelitian tahun 2018 ini, tim membuka empat kotak ekskavasi. Dua kotak ekskavasi penelitian tahun 2017 lalu yang belum tuntas dibuka kembali dan dilanjutankan ekskavasinya. Satu kotak ekskavasi baru dibuat pada bagian barat ruangan gua, dan satu kotak ekskavasi lainnya dibuka di bagian luar gua. Kotak ekskavasi tersebut dibuka untuk mengetahui potensi kandungan arkeologis yang berada di bawah permukaan tanah baik di dalam gua maupun di luar. Dengan itu diharapkan dapat diperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang pendukung budaya manusia yang pernah menghuni lokasi ini.

Berikut kami tampilkan keadaan ketika ekskavasi dilakukan di Ngalau tersebut.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *