Pelajari Karya Tulis Ilmiah Tingkat Pelajar, Dua Siswi MTS N 3 Medan Kunjungi Balar Sumut

Hits: 269

Karya Ilmiah adalah karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah. Biasanya karya ilmiah berisikan data, fakta, dan solusi mengenai suatu masalah yang diangkat. Penulisan karya ilmiah dilakukan secara runtut dan sistematis. Struktur karya tulis ilmiah biasanya memiliki tiga bagian, yang pertama Pendahuluan, yang kedua isi dan pembahasan dan yang ketiga kesimpulan.

Karya tulis ilmiah biasanya dibuat oleh seorang peneliti yang mempunyai tupoksi di ranah penelitian yang berusaha mengungkap suatu permasalahan yang belum terungkap di tengah-tengah masyarakat dan banyak dijumpai di suatu instansi/lembaga yang menangani penelitian. Namun menariknya di era saat ini sering kita jumpai sebuah karya tulis ilmiah yang ditulis oleh pelajar setingkat SMP dan SMA bahkan sering kita jumpai di media elektronik dan papan reklame yang bertuliskan pengumuman lomba karya tulis ilmiah tingkat pelajar. akan lebih baik lagi jika dukungan instansi terkait dan sekolah Alangkah baiknya untuk generasi bangsa ini yang membiasakan diri sejak dini belajar membuat karya tulis ilmiah, dengan begitu generasi bangsa ini akan lebih mengerti sejarah dan menghargai warisan budaya di sekitarnya. 

Seperti yang dilakukan oleh kedua siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Medan ini dengan didampingi oleh ketiga gurunya berkunjung ke Balai Arkeologi Sumatera Utara, kunjungan mereka dalam rangka mencari sumber kepustakaan dan bimbingan siswa untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah tingkat pelajar. Pada kesempatan ini Balar Sumut diwakili oleh penelitinya Bapak Ery Soedewo, SS. M.Hum untuk mendampingi sekaligus menjelaskan materi terkait karya tulis ilmiah. adapun sumber kepustakaan yang berada di Balar Sumut ada dalam bentuk tercetak dan digital, selain itu ada juga display hasil penelitian arkeologi yang terletak di lantai dua. 

Berikut ketika kunjungan siswi dan guru MTS N 3 Medan di Balai Arkeologi Sumatera Utara yang dapat kami dokumentasikan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *