Menu Tutup

Merdeka Berpakaian Sesuai Dengan Norma Kepantasan

Hits: 73

Menindaklanjuti Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 7 Tahun 2020 tentang pakaian kerja pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rabu, 11 Maret 2020, Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si mengumpulkan seluruh staf di ruang kerjanya untuk membahas penerapan cara berpakaian sehari-hari selama bekerja.

Dalam pembahasan ini tidak menentukan model pakaian tertentu bagi pegawainya dan menyerahkan sepenuhnya pada pegawai untuk berkreasi dalam berpakaian atau istilahnya “Merdeka Berpakaian” asalkan mengikuti aturan dan sesuai dengan norma kepantasan. Artinya, meskipun dalam pembahasan berpakaian ini tidak menjelaskan secara detil model pakaian yang diterapkan, tetapi dijelaskan aturan umum dan etika berpakaian yang mesti dipahami dan dijalani.

Beberapa aturan umum yang mesti dipahami oleh pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan khususnya di UPT. Balai Arkeologi Sumatera Utara diantaranya yang memenuhi kelayakan berbusana antara lain :

  1. Pakaian yang menutupi aurat
  2. Tidak transparan
  3. Tidak ketat
  4. Tidak menyerupai lawan jenis

Selain itu dalam pembahasan ini juga ditekankan kembali untuk seluruh pegawai agar dalam melaksanakan tugasnya selalu menggunakan name tage atau kartu identitas. Hal ini dimaksudkan agar setiap pegawai mempunyai kesan yang lebih profesional dan rapi langsung terlihat saat melaksanakan tugasnya.

Adapun maksud dari pembahasan internal cara berpakaian di lingkungan Balai Arkeologi Sumatera Utara ini tidak lain adalah untuk memberi kebebasan dalam berbusana dalam menjalankan aktifitas kerja  namun ditekankan masih dalam koridor rapi, sopan, dan disesuaikan dengan lingkungan kerjanya.

Berikut ketika pembahasan cara berpakaian di lingkungan Balai Arkeologi Sumatera Utara yang berlangsung di ruang Kabalar pada 11 Maret 2020.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *