Manik-Manik Pulau Kampai: Asal, Distribusi dan Produksi

Hits: 83

Balai Arkeologi Sumatera Utara melalui penelitinya Dr. Ery Soedewo, M.Hum kembali menggelar webinar arkeologi dengan tema “Manik-Manik Pulau Kampai: Asal, Distribusi, dan Produksi” yang direncanakan berlangsung pada Rabu, 17 Juni 2020 pukul 10.00 WIB s.d. selesai.

Temuan hasil penelitian arkeologi di Pulau Kampai yang akan dibahas oleh pemateri yang disajikan dalam platform digital melalui webinar kali ini adalah tekait manik-manik khususnya manik-manik kaca yang ditemukan di Situs Pulau Kampai adalah salah satu bukti interaksi penghuni Nusantara khususnya Selat Malaka dalam jejaring niaga dunia. Manik-manik kaca Pulau Kampai juga menjadi bukti bahwa Nusantara tidak hanya menghasilkan komoditas alam semata, penghuninya juga menghasilkan produk manufaktur yang diserap oleh pasaran lokal. Meredupnya produksi manik-manik kaca Pulau Kampai di abad ke-14 M disebabkan oleh produk manufaktur sejenis dari Cina.

Menarik bukan pembahasan salah satu temuan hasil penelitian arkeologi di Pulau Kampai yang kami sajikan, bagi sahabat arkeologi yang tertarik untuk mengikuti lebih jauh kegiatan ini langsung saja daftar/registrasi di: bit.ly/PendaftaranWebinar2 gratis dan kuota terbatas, narahubung 081264906437 (Winda). Selain itu webinar ini juga akan disiarkan langsung di kanal youtube resmi kami Balai Arkeoogi Sumatera Utara dan instagram @balarsumut.

Jangan lupa catat waktu dan tanggal webinar ini berlangsung agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *