Lestarikan Tradisi Silaturahmi, Balai Arkeologi Sumatera Utara Selenggarakan Halal Bihalal

Hits: 109

Hari Raya Idhul Fitri adalah hari raya umat muslim di seluruh dunia yang dilaksanakan atau bertepatan pada 1 Syawal pada perhitungan kalender Hijriyah. Selain Hari Raya Idhul Fitri di Nusantara kita ini dikenal dengan istilah “Lebaran, Rioyo/Riadin, Bodho” dan masih banyak istilah lain yang admin belum tau, namun terlepas dari apapun istilah yang digunakan, kebiasaan umat muslim ketika merayakan Hari Raya Idhul Fitri adalah dengan saling silaturahmi, kunjung mengunjungi terutama antar anak dengan orang tua, keluarga, saudara, jiran tetangga, handai taulan untuk saling memaafkan baik itu perkataan, perbuatan yang tersirat dan tersurat dan yang disengaja maupun yang tidak disengaja agar kiranya saling memaafkan, tidak ada lagi dengki, iri hati, memusuhi serta tidak ada lagi dusta diantara kita.

Masih dalam suasana Idhul Fitri biasanya selain dirayakan dirumah dengan keluarga, di perusahaan dan instansi pemerintah juga banyak diselenggarakan dalam rajutan bulan yang penuh berkah dan ampunan, penyelanggaraan ini biasanya dikemas dalam istilah Halal Bihalal, seperti yang dilakukan oleh Balai Arkeologi Sumatera Utara melalui Kabalar Bapak Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si dan Kasubbag TU Ibu Dra. Hj. Nurlela, M.AP beserta staf dan jajarannya dengan menggelar Halal Bihalal yang bertempat di Lobi lantai 1 Balai Arkeologi Sumatera Utara pada Hari Selasa, 11 Juni 2019.

Acara ini di pandu oleh pembawa acara sdri. Winda Lydia Sari Lubis, dengan pembaca ayat suci Al-Qur’an sdr. Ali Ma’ruf dan sari tilawah sdri. Siti Sarah Sabrina. Kemudian Ibu Nurlela dalam sambutannya mewakili Kabalar yang berhalangan hadir menyampaikan salam dan permintaan maaf dari Kabalar untuk seluruh staf dan tamu undangan yang hadir dalam kegiatan ini, beliau tidak dapat hadir karena bertepatan dengan adanya tugas keluar kota.

Selanjutnya memasuki acara inti yaitu ceramah keagamaan atau tausiyah yang dibawakan oleh Al-Ustad Abdurroni, S. Ag., sekilas biografi ustad yang admin peroleh dari salah satu sumber yang terpercaya menyatakan selain penceramah di bidang keagamaan islam beliau juga merupakan Guru/Tenaga Pendidik di Yayasan Sekolah Al-Azhar Medan. Dalam tausiyahnya yang dapat admin sedikit simpulkan bahwa setelah mengarungi Ibadah Puasa Ramadhan tepatnya Tahun 1440 Hijriyah selama satu bulan sudah semestinya di bulan nan fitri dalam kegiatan halal bihalal ini kita saling bersilaturahmi, maaf memaafkan. Antara pimpinan dan bawahan, mungkin selama sebelas bulan lamanya kiranya banyak kesalahan yang sudah lupa maupun masih membekas di ingatan, ibarat rajutan benang yang kusut kita luruskan kembali agar tertata rapi dan tampak indah di pandang mata, hati kita pun kembali suci, bersih dan tentunya membawa semangat baru dalam mengarungi aktifitas di kantor ini. Halal Bihalal yang diselenggarakan kantor ini sifatnya merangkul, bukan hanya untuk umat muslim saja tapi untuk semua latar belakang kepercayaan dan keyakinan yang ada baik itu Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Kong Hu Cu mari kita bersatu dalam nuansa kebersamaan, keindahan keberagaman dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan menghargai perbedaan, menjalin dan menjaga silaturahmi serta saling maaf memaafkan, mudah-mudahan kedepan kita manjadi pribadi yang lebih bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Aamiin.

kegiatan ini di akhiri dengan do’a yang dibawakan oleh Ustad Abdurroni, setelah itu seluruh staf Balai Arkeologi Sumatera Utara beserta tamu undangan berdiri berjalan keliling untuk berjabat tangan saling maaf memaafkan, di momen inilah terasa indahnya halal bihalal dapat menyatukan berbagai latar belakang keyakinan dan mempererat tali silaturahmi antar sesama dan kegiatan ini di akhiri dengan foto bersama.  Akhir kata kami keluarga besar Balai Arkeologi Sumatera Utara mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kulla ‘amin wa antum bikhoir minal a’idin wal fa’izin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin 🙏🙏🙏. (am)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *