Casting Rangka Manusia Gayo ikut Festival Museum Sumatera Utara

Hits: 81

Dalam rangka memeriahkan Festival Museum Sumatera Utara, Balai Arkeologi Sumatera Utara (Balar Sumut) ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan mengisi stand pameran yang bertema arkeologi. Festival museum Sumatera Utara berlangsung dari tanggal 23 s.d. 25 Oktober 2019 di Museum Negeri Sumatera Utara.

Pada kesempatan ini Balar Sumut  memamerkan replika (casting) rangka manusia Gayo yang diperkirakan berumur sekitar 3.000 tahun. Rangka ini ditemukan oleh tim peneliti Balai Arkeologi Sumatera Utara yang melakukan penelitian (ekskavasi) di wilayah budaya Gayo tepatnya  Loyang Ujung Karang, Jongok Meuluem, Takengon, Aceh Tengah.

Tampilan display replika rangka yang dipamerkan Balar Sumut pada kegiatan festival ini mampu menjadi daya tarik pengunjung pameran khususnya Gubernur Sumatera Utara, Bapak Edy Rahmayadi dan masyarakat umum serta pelajar di Sumatera Utara khususnya kota Medan. Terlihat dari antusias mereka yang mengabadikan momen ini dengan mengambil gambar melalui ponsel pintar dengan berswafoto dan memeragakan bagian kecil dari proses ekskavasi dengan menggunakan kuas yang disediakan oleh tim pameran.

Selain rangka, Balai Arkeologi Sumatera Utara juga menampilkan isi stand dari hasil penelitian lainnya seperti fragmen keramik, fragmen tembikar, uang kepeng, alat batu, botol zaman kolonial dan buku serta terbitan berseri instansi dan lain sebagainya.

Adapun tujuan dari kegiatan pameran yang bertema arkeologi ini sebagai sarana penyebarluasan informasi mengenai benda cagar budaya kepada masyarakat, sebagai sarana edukasi kepada masyarakat dalam rangka pelestarian cagar budaya serta untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya cagar budaya di daerahnya. Sasaran yang dicapai adalah seluruh masyarakat pecinta dan pemerhati dalam pelestarian budaya baik di dalam maupun di luar Sumatera Utara khususnya Kota Medan, sehingga dapat diketahui tingkat apresiasi masyarakat dalam pelestarian cagar budaya.

Dengan tersajinya koleksi dari Balar Sumut, maka informasi koleksi yang memuat nilai-nilai luhur sejarah dan budaya akan diterima oleh masyarakat. Diharapkan pameran ini merupakan bagian dari upaya sosialisasi kepada masyarakat luas tentang apa dan bagaimana warisan budaya artefaktual yang ada, serta pemahaman tentang arti pentingnya upaya pelestarian.

Bagi masyarakat yang ingin lebih detail mengetahui berbagai benda cagar budaya yang berhasil kami temukan dan telah di analisis dapat mengunjungi instansi Balai Arkeologi Sumatera Utara yang beralamat di Jalan Seroja Raya, Gang Arkeologi, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Medan.(a.m)

Berikut ketika pameran berlangsung di Festival Museum Negeri Sumatera Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *