Evaluasi Kinerja Pegawai Balar Sumut Pada Semester Pertama

Hits: 47

Medan-Balai Arkeologi Sumatera Utara kembali mengadakan rapat rutin bulanan di ruang rapat utama Balarsumut. Rapat ini membahas evaluasi kinerja pegawai pada semester pertama di tahun 2020. Adapun rapat  dipimpin oleh Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si. selaku Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara dan Dra. Hj. Nurlela, M.AP selaku Kepala Subbagian Tata Usaha Balai Arkeologi Sumatera Utara, dihadiri secara langsung oleh staf Balai Arkeologi Sumatera Utara yang melaksanakan WFO (work from office) dan secara virtual melalui zoom oleh staf yang melaksankan WFH (work from home), rapat ini berlangsung pada Jum’at 03/07/2020 pukul 10.00 WIB s.d. selesai.

Pembahasan rapat diawali dengan penyampaian kabalar kepada penelitinya terkait artikel yang telah diterbikan, bahwasanya artikel yang telah diterbitkan baik melalui jurnal instansi sendiri maupun terbitan luar dihimbau untuk dievaluasi sudah sejauh mana telah disitasi oleh pengguna artinya ketika kita menerbitkan sebuah karya ilmiah harapannya karya kita bermanfaat bagi masyarakat luas, baik masyarakat ilmiah maupun masyarakat umum pada umumnya. Dari situ dapat kita lihat manfaat artikel melalui catatan sitasinya, maka dari itu seorang peneliti wajib mempunyai google schooler dan akun sinta. Selain catatan sitasi yang menjadi poin penting dalam pembahasan ini, peneliti juga dihimbau untuk mencatat daftar artikel yang dihasilkan dari penelitiannya masing-masing. Dengan cara ini progres seorang peneliti dapat diketahui, apabila terdapat kekurangan di semester awal ini maka dapat ditngkatkan pada semester berikutnya.

Dilanjutkan penjelasan terkait pemenuhan pendidikan dasar, pendidikan dasar penting untuk menunjang kompetensi dasar pada sebuah instansi, misalnya untuk menjadi PPK harus memiliki sertifikat kompetensi di bidang Pengadaan Barang dan Jasa dan umumnya berpendidikan S-1, kemudian kompetensi dasar untuk menjadi seorang peneliti harus berpendidikan S-2 untuk pegawai yang bekerja di Balai Arkeologi, sedangkan orang luar yang ingin menjadi peneliti harus berlatarbelakang pendidikan minimal S-3, itulah contoh kompetensi dasar pada tiap jabatan yang diemban.

Kemudian memasuki pembahasan kinerja untuk seluruh pegawai bahwasanya di era sekarang ini seorang staf tidak hanya dituntut untuk meningkatkan kualitas dalam bekerja tetapi dituntut untuk memunculkan inovasi dalam pekerjaanya, memunculkan ide-ide kreatif baru maka dari itu dibutuhkan kemampuan diri untuk menguasai bidang pekerjaannya. Berawal dari pemunculan inovasi inilah rencana kabalar akan memanggil seluruh pegawai untuk berdiskusi terkait pekerjaannya sehingga dapat terealisasi dengan yang direncanakan pada tiap-tiap sub bidang pekerjaannya dan membuat daftar perbandingan capaian kinerja yang sudah direncanakan dengan realisasi log harian dalam kurun waktu satu semester ini.

Selanjutnnya dalam rapat ini juga disampaikan kepada seluruh pegawai untuk menanggapi surat masuk dalam aplikasi SINDE dengan mengirmkan balasan melalui aplikasi masing-masing untuk kelancaran dalam pengoperasian persuratan kantor secara elektronik. Kecepatan dalam menanggapi surat masuk membuktikan keefisien dan keefektifan penyampaian informasi. Selain itu dalam rapat ini juga membahas terkait pendataan buku BMN, penyusunan SOP pameran, pajak kendaraan, update laporan penelitian, iuran koperasi, pengukuran suhu tubuh, SK kenaikan pangkat, SK buku lain dan lain sebagainya.

Demikian hasil rapat yang dapat kami sampaikan pada rapat rutin bulanan yang diselenggarakan di Balai Arkeologi Sumatera Utara yang bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dialami setiap pegawai dalam menjalankan tugasnya, sehingga dapat dilakukan analisis dan memberikan solusi terbaik serta untuk mengetahui tingkat efisiensi dan efektivitas pegawai dalam melaksanakan kegiatan atau pekerjaan.

Berikut rapat rutin bulanan yang diselenggarakan di Balai Arkeologi Sumatera Utara yang kami dokumentasikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *