Ekskavasi Arkeologi Struktur Fondasi Dan Tanah Masjid Azizi, Tanjung Pura, Langkat, Provinsi Sumatera Utara

Hits: 4

Menindaklanjuti permintaan tenaga arkeolog dalam rangka kajian teknis dan dokumentasi oleh CV. Citra Pramatra untuk mengkaji struktur fondasi dan lapisan tanah Masjid Azizi. Balar Sumut menugaskan arkeolognya Stanov Purnawibowo, MA dan Repelita Wahyu Oetmo, SS serta tiga orang staf teknis lapangan Jeppy Andri Ginting, Liston Sitanggang dan Halis.

Kegiatan ini berlangsung di situs Masjid Azizi, Tanjung Pura, Langkat, Sumatera Utara dimulai pada tanggal 25 Mei 2021 hingga 03 Juni 2021.

Hasil sementara yang didapatkan bentuk fondasi untuk pilar utama kubah masjid berbentuk balok yang terdiri dari susunan bata berspesi sedalam 330 cm hingga sepatu pertama, akhir dari fondasi ini belum di dapat. Fondasi sudut teras masjid berbentuk balok dengan susunan bata berspesi dengan dua sepatu di kedalaman 210 cm. Adapun fondasi menara mesjid dan pagar keliling sudah menggunakan beton berbentuk sepatu dengan bagian kaki menyudut (seperti mangkuk) dengan panjang 280 cm dan tinggi yang dapat diketahui 100 cm. di kedalaman lebih dari 100 cm sudah merupakan lapisan air tanah. Struktur tanah yang melingkupi fondasi masjid, menara luar, dan pagar keliling merupakan lapisan pasir di bagian atas, serta lempung bercampur material pecahan bata dan batu serta timbunan lain untuk memadatkan lempung coklat dan abu-abu yang ada di bagian dalam kotak ekskavasi.

Menurut informasi yang didapatkan, Masjid mulai didirikan tahun 1902, dan penambahan menara yang ada di sudut timur laut didirikan tahun 1927. Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Balai Arkeologi Sumatera Utara, CV. Citra Pramatra, Arsitektur USU, Badan Warisan Sumatera, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *