Disdikbud Aceh Tengah Anggarkan Rp740 Juta untuk Ceruk Ujung Karang dan Mendale

Hits: 11

Repost

KBA.ONE, Takengon – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Tengah menganggarkan pengembangan Cagar Budaya Ceruk Ujung Karang dan Ceruk Mendale melalui dana DOKA sebesar Rp740 juta. 

Informasi itu dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Disdikbud Aceh Tengah Uswatuddin. Kata dia, pengembangan itu dianggarkan tahun ini. 

“Benar, tahun ini akan terealisasi, kita prediksi bulan Juli ini sudah mulai berproses,” terang Uswatuddin, Minggu 20 Juni 2021, di Takengon. 

Ia berharap keseriusan pemerintah daerah dalam pengembangan cagar budaya itu membuahkan hasil, yaitu menjadi tujuan wisata baik domestik maupun mancanegara. “Ini tujuan kita, semoga pengembangan ini berjalan lancar,” ungkapnya. 

“Ke depan obsesi kita di daerah ini akan kita bangun museum terbuka yang di dalamnya terdapat kerangka manusia berusia ribuan tahun, dan peninggalan masa lalu dari urang Gayo. Sekaligus akan menjadi objek penelitian generasi muda,” tambahnya. 

Sebelumnya, Pemkab Aceh Tengah telah menyerahkan piagam penghargaan hibah lokasi situs Cagar Budaya Ceruk Ujung Karang Kepada Ahli Waris almarhum H. Amin, bertempat di kawasan Bur Pepilon Kampung Jongok Meluem, Kecamatan Kebayakan. 

Piagam itu diserahkan langsung Bupati Shabela Abubakar kepada  Chaldun Djunaedy selaku perwakilan ahli waris almarhum H. Amin, yang turut disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Camat Kebayakan, Reje Kampung Jongok Meluem, dan aparatur desa beserta undangan lainnya.

“Proses pembuatan piagam penghargaan itu dimulai pada tahun 2013 berupa akte hibah dibuat oleh Camat Kebayakan yang kemudian pada 2014 dibuat dalam bentuk piagam. Alhamdulillah pada hari ini piagam tersebut dapat diserahkan oleh Bupati Aceh Tengah,” terang Uswatuddin. 

Sementara itu, Chaldun Djunaedy, mengatakan seliad 3.500 M² lahan, yang dihibahkan tersebut diserahkan dengan kebesaran hati.

“Kami berbangga dengan ditemukannya nenek moyang orang Gayo di situs Ceruk Ujung Karang ini. Dengan hibah ini kami yakin kawasan ini akan berkembang, karena situs ini bisa menjadi objek wisata yang bisa menambah PAD”, lanjut cucu almarhum H. Amin itu.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar mengucapkan terima kasih kepada ahli waris atas hibah yang diberikan kepada pemerintah kabupaten.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ahli waris atas hibah ini, semoga menjadi amal yang mengalir pahalanya,” tutur Shabela.

“Saya mengajak seluruh pihak untuk mendukung pengembangan Situs Ceruk Ujung Karang dan Ceruk Mendale, semoga di tangan kita sejarah bisa berkembang terutama sejarah Suku Gayo,” tutupnya.

Sebelumnya, Shabela juga melakukan penandatanganan grand desain pengembangan Situs Cagar Budaya Ceruk Ujung Karang tahun 2021.*** | KARMIADI, Kontributor Aceh Tengah

  • DISDIKBUD
  • ACEH TENGAH
  • CAGAR BUDAYA
Editor : Ulfah    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *