CPNS Balar Sumut Gelar Presentasi Rancangan Aktualisasi

Hits: 253

Selasa, 08 Oktober 2019, sebanyak 4 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) antara lain Johan Manurung, S.Ds, Mochammad Fauzi Hendrawan, S. Ark, Winda Lidya Sari Lubis, S.Psi dan Lolita Refani Lumban Tobing, S, Hum, yang memasuki masa habituasi di lingkungan Balai Arkeologi Sumatera Utara presentasikan rancangan aktualisasi yang dihasilkan saat mengikuti kegiatan Pelatihan Dasar (latsar) CPNS selama 1 bulan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdiklat Kemdikbud).

Rancangan aktualisasi adalah program dari Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS, yang mana seluruh peserta dibekali dengan nilai-nilai dasar ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi) serta pengetahuan akan kedudukan dan Peran PNS di wilayah NKRI yang berideologi Pancasila dan berasaskan UUD 1945. Selain itu penerapan rancangan aktualisasi ini juga memberikan warna baru atau pelengkap bagi program instansi dan sesuai dengan visi dan misi serta sejalan dengan tupoksi Balai Arkeologi Sumatera Utara.

Sebagai informasi rancangan aktualisasi yang disusun oleh para CPNS antara lain Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Sebagai Sumber Data Dan Informasi Balai Arkeologi Sumatera Utara untuk latar belakang jabatan Pengelola Dokumentasi, Pembuatan Draft Petunjuk Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Di Laboratorium Balai Arkeologi Sumatera Utara untuk latar belakang jabatan Teknisi Laboratorium, dan Penyusunan Draft Standar Pelayanan Penerimaan Tamu Pada Satpam Secara Infografis untuk latar belakang jabatan Pengolah Data Tata Organisasi dan Tata Laksana, serta Penyusunan Pangkalan Data Riwayat Penelitian Dan Hasil Publikasi Balai Arkeologi Sumatera Utara untuk latar belakang jabatan Pengelola Data Arkeologi.

Kegiatan ini diselenggarakan atas gagasan Kabalar Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si dan Kasubbag TU Dra. Hj. Nurlela, M.AP sebagai sarana pelatihan menyampaikan program atau gagasan baru yang akan diterapkan di Balar Sumut, yang artinya tidak menghilangkan proram lama yang sudah berjalan namun program baru akan bersifat melengkapi atau menyempurnakan program yang ada. Kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh staf Balar Sumut, harapannya dalam penyampaian program yang mereka bawakan dapat memberikan feedback yang positif antara narasumber (CPNS) dan peserta yang mengikuti presentasi ini.

Masa habituasi ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh peserta CPNS yang mencoba menerapkan rancangan aktualisasinya karena laporan rancangan aktualisasi ini akan diujikan pada seminar rancangan aktualisasi latsar yang sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 04 s.d. 07 November 2019 di Pusdiklat Kemdikbud, Depok, Jawa Barat.

Selamat bagi teman-teman CPNS yang sedang menjalankan masa habituasi di Balar Sumut, semoga program yang diterapkan dapat berjalan dengan baik, lancar dan bermanfaat untuk kemajuan kantor kita… Aamiin.

Berikut ketika presentasi rancangan aktualisasi di Balar Sumut yang kami dokumentasikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *