Balar Sumut Melayani Permintaan Kuliah Umum Mahasiswa Unimed

Hits: 84

Balai Arkeologi Sumatera Utara kembali melayani permintaan kuliah umum Mahasiswa Jurusan Sejarah Semester 1 (satu) Universitas Negeri Medan sebanyak 66 orang. Kuliah umum tersebut menghadirkan Peneliti Muda Balai Arkeologi Sumatera Utara Taufiqurrahman Setiawan, MA sebagai Narasumber. Kegiatan ini berlangsung di ruang rapat Balai Arkeologi Sumatera Utara pada hari Jum’at 05 Oktober 2018.

Pada kesempatan tersebut, Taufiqurrahman Setiawan, MA memaparkan apa itu arkeologi, dikatakannya arkeologi berasal dari bahasa Yunani, archaeo yang berarti “kuno” dan logos, “ilmu”. Jadi arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan (manusia) masa lalu melalui kajian sistematis atas data bendawi yang ditinggalkan.Secara umum arkeologi adalah ilmu yang mempelajari manusia beserta kebudayaan-kebudayaan yang terjadi dimasa lalu / masa lampau melalui peninggalanya.

kuliah umum ini salah satu bentuk layanan terkait informasi yang disajikan oleh Balar Sumut dan merupakan kerja sama yang dijalin antara Balai Arkeologi Sumatera Utara (Balar Sumut) dengan Universitas Negeri Medan (Unimed) dalam bidang layanan informasi dan ilmu pengetahuan. Harapannya dari kerja sama yang dijalin antara Balar Sumut dengan Unimed dapat meningkatkan semangat belajar mahasiswa dalam mempelajari ilmu arkeologi. Selain itu, dari kerja sama yang dibangun diharapkan mampu meningkatkan publikasi Balar Sumut di dunia pendidikan.

Berikut ketika kuliah umum berlangsung di Balar Sumut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *