Gua di Pesisir Barat Aceh diteliti

Hits: 146

Gua Makbitce: Lokasi Penelitian ((C)balarsumut@2018)

Salah satu program kerja Balai Arkeologi Sumatera Utara tahun 2019 adalah penelitian arkeologi yang berjudul ‘Pesisir Barat Aceh Dalam Konteks Budaya Masa Prasejarah Di Sumatra Bagian Utara’. Penelitian ini dipimpin oleh Taufiqurrahman Setiawan, Peneliti Muda bidang Arkeologi Prasejarah Balai Arkeologi Sumatera Utara. Penelitian ini berlangsung pada tanggal 11 April 2019 dan direncanakan akan berlangsung hingga 29 April 2019. Penelitian ini melibatkan dua orang peneliti arkeologi dari Balai Arkeologi Sumatera Utara, satu orang pamong budaya dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Aceh, dan satu orang geolog dari Fakultas Teknik dan Ilmu Kebumian Institut Teknologi Bandung. Penelitian ini didukung juga dengan dua orang tenaga teknis dari Balai Arkeologi Sumatera Utara, empat orang mahasiswa arkeologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi, dan delapan orang masyarakat yang berada di sekitar lokasi penelitian.
Penelitian ini difokuskan pada kegiatan ekskavasi di Gua Makbitce, yang terletak di Gampong Deah Memplam, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar. Gua yang ditemukan pada survei gua dan ceruk arkeologis di Pesisir Barat Aceh (tahap I) tahun 2018 lalu ini memiliki potensi penelitian arkeologis yang cukup besar. Sebuah kapak batu, sumatralith, ditemukan pada saat survei dan beberapa artefak dan ekofak lainnya merupakan salah satu faktor yang mendukung penelitian di tujukan ke gua ini. Gua dengan ruangan luas dan memiliki lantai yang kering ini juga sangat ideal untuk dijadikan lokasi hunian pada masa lampau.

Sampai berita ini diturunkan, diperoleh bukti adanya pemanfaatan gua ini sebagai lokasi hunian. Data arkeologis berupa artefak batu, ekofak cangkang kerang, ekofak tulang, manuport, dan fitur pembakaran merupakan beberapa data yang telah ditemukan. Data tersebut diperoleh dari tiga kotak ekskavasi yang rata-rata telah memiki kedalaman antara 60-90 cm. Harapannya, dapat diperoleh lebih banyak lagi data arkeologi yang dapat lebih memberikan gambaran tentang bagaimana kehidupan pada masa lalu yang ditemukan di Gua Makbitce.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *