Aktivitas September 2020

Hits: 60

Balai Arkeologi Sumatera Utara menyelenggarakan beberapa aktivitas/kegiatan diawal bulan September 2020. Adapun aktivitas/kegiatan yang berhasil kami rangkum diantaranya :

1. Webinar Arkeologi

Mengawali bulan September Balai Arkeologi Sumatera Utara menyelenggarakan webinar bertema arkeologi. Berlangsung pada Rabu 02 September 2020 membahas terkait Peninggalan Budaya Hindu-Buddha di Padang Lawas & Mandailing, dengan kajian ilmu arkeologi, sejarah dan upaya pelestariannya. Kegiatan ini mengahadirkan narasumber Andri Restiyadi, MA, Dr. Ery Soedewo, M.Hum dan Toto Haryanto, M.Hum.

2. Koordinasi Kegiatan Rumah Peradaban 

Kemudian dilanjutkan koordinasi kegiatan rumah peradaban berlangsung pada 08 September 2020, koordinasi dilakukan oleh kabalar Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si dan Andri Restiyadi, MA selaku ketua kegiatan penyelenggaraan Rumah Peradaban Padang Lawas dengan Bupati dan Kepala DInas Pendidikan serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang Lawas Utara. Rumah Peradaban Padang Lawas sendiri rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 24 September 2020.

3. Webinar Arkeologi

Selanjutnya pada Kamis, 10 September 2020, Balai Arkeologi Sumatera Utara kembali menyelenggarakan webinar arkeologi dengan tema Perdagangan Masa Lalu di Sumatera Bagian Utara. kegiatan ini mengahadirkan narasumber Anuragren, M. Fauzi Hendrawan dan Moderator Hary Priswanto.

4. Evaluasi Kinerja Pegawai Baru dan Upgrade Open Journal System (OJS) 3

Selanjutnya pada Kamis, 10 September 2020, Balai Arkeologi Sumatera Utara melalui Kabalar Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si mengadakan pertemuan membahas terkait evaluasi kinerja pegawai baru dan upgrade ojs 3. Dalam kesempatan ini Kabalar menyampaikan bahwa untuk kepentingan bersama perlu adanya kedisiplinan dan konsekuensi untuk pengisian log harian dengan tertib khususnya bagi pegawai baru dan menyarankan kepada pegawai untuk lebih memanfaatkan waktu luang di luar jam kantor untuk belajar dan menyelesaikan hal-hal yang tertunda.

Kemudian dilanjutkan pembahsan terkait upgrade OJS, migrasi dari ojs 2 ke ojs 3 ternyata cukup membuat kesulitan baru dalam pengelolaan oleh tim dewan redaksi dalam memahami perubahan tersebut. Maka dari itu disarankan tim dewan redaksi agar lebih sering berdiskusi dengan ketua dewan redaksi, tujuannya agar pelaksanaan pekerjaan bisa lebih efektif. Mencari referensi lain apakah ada orang lain yang bisa mengajari atau bisa juga mencari tutorial melalui internet dan media lainnya lalu dilanjutkan berdiskusi.

Tanggal 18 September rencananya akan ada evaluasi kembali sudah sejauh mana para pegawai mempelajari OJS 3 dan perlu adanya koordinasi dengan atasan dalam membuat bahan publikasi agar meminimalisir perbedaan persepsi di masyarakat.

5. Pembinaan Pegawai Baru

Pertemuan yang berlangsung pada Senin, 14 September 2020 membahas terkait pengisian log harian pegawai baru, dalam pertemuan ini dijelaskan bahwa setiap pengisian log harian diikuti dengan bukti kerja yang dikerjakan baik pada saat pegawai melakukan wfh maupun wfo.

6. Rapat SPI dan Panitia RP Paluta

Rapat yang berlangsung pada Rabu, 16 September 2020 membahas terkait :

  • Sistem Pengawasan Internal (SPI), poin yang dibahas dalam rapat ini

– Setiap ada rapat yang berkaitan dengan kegiatan kantor, kepegawaian, dan BMN harus melibatkan Tim SPI; Perbaiki SOP peminjaman BMN karena harus melibatkan Tim SPI; Masa jabatan anggota SPI adalah 4 tahun, namun tahun depan akan ditinjau ulang.

  • Rumah Peradaban Padang Lawas Utara, poin yang disampaikan dalam pertemuan ini

– Tim akan berangkat pada Selasa, 22 September 2020 dengan menggunakan dua kendaraan dinas yaitu mobil ranger yang beranggotakan Dekson, Johan, Masdar, Ery, Andri dan mobil Fortuner beranggotakan Toni, Kabalar, WInda dan Ivanna. membawa tambahan 10 paket buku untuk SMA, adapun acara akan berlangsung pada tanggal 24 September di Hotel Mitra Indah Gunung Tua.

Perlu adanya penyesuaian antara pelaksanaan kegiatan dengan anggaran yang tersedia

7. Rapat Monev WBK

Masih berlangsung pada hari yang sama yaitu Rabu, 16 September 2020,

Poin – poin hasil rapat        :

  • Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan WBK;
  • Membuat SOP Mekanisme Pembentukan anggota TIM WBK;
  • Membuat SOP Mekanisme Sosialisasi WBK (medianya laman, webinar, tv kantor, kegiatan kantor) , setiap kegiatan harus menyertakan sosialisasi WBK;
  • Membuat SOP Pelaporan SINDE, (dari tim SINDE melapor ke Kasubbag lalu ke WBK);
  • Membuat rekap nama seluruh pegawai yang masuk tim WBK;
  • Keterbukaan informasi public internal berupa Monev SINDE;
  • Keterbukaan informasi public eksternal berupa Monev Website;
  • Membuat permohonan Diklat PPnPN utk tahun 2020;
  • Membuat rekap data yang telat WFH mingguan, telat kirim bukti kerja;
  • Setiap rencana kegiatan harus melibatkan SPI.

Demikian beberapa kegiatan/aktivitas yang kami rangkum untuk dipublikasikan sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *