AKTIVITAS AKHIR JULI 2020 BALARSUMUT

Hits: 85

Selama kurang lebih empat bulan, Balai Arkeologi Sumatera Utara menerapkan kebijakan dalam bekerja selama pandemi bagi pegawainya. Adapun kebijakan bekerja dibagi menjadi dua, pertama penerapan bekerja dari rumah atau  work from home (wfh) dan penerapan bekerja dari kantor atau work from office (wfo). Langkah ini merupakan bagian dari upaya penerapan pembatasan skala besar dan perlindungan pegawai potensi infeksi virus korona sekaligus sebagai cara menjaga agar aktivitas kantor tetap berjalan ditengah-tengah pandemi yang sedang melanda.

Bekerja dari rumah Work From Home (WFH) terbukti memberikan jam kerja yang fleksibel bagi pegawai, pengukuran kinerja bisa dilakukan dengan mengirimkan bukti kerja pada pegawai yang ditugaskan selanjutnya melaporkan kepada atasan. Sedangkan bekerja dari kantor atau biasa disebut Work From Office (WFO) merupakan bekerja seperti biasa pada umumnya yang dilakukan di kantor, akan tetapi dalam pelaksanaannya harus tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menguraikan beberapa aktivitas yang dilakukan dari kantor (wfo) pada masa pandemi. Adapun beberapa aktivitas/kegiatan pegawai yang dilakukan selama bekerja dari kantor dalam minggu ini yang kami dokumentasikan diantaranya.

Evaluasi Pelayanan Operasional Standar (POS) berlangsung pada Jum’at, 24 Juli 2020. Pembahasan ini lebih pada kondisi kerja kita saat ini yang banyak berubah mengikuti aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Evaluasi POS ini ditujukan pada aspek-aspek yang terkait langsung dengan penerapan new-normal seperti  POS Penerimaan Tamu, POS Pencegahan Covid-19, POS Peminjaman Buku Perpustakaan, POS Penelitian Desk Study.

Kemudian penilaian mandiri Zona Integritas – Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI-WBK dan WBBM) berlangsung pada Senin, 27 Juli 2020. Pembahasan lanjutan penilaian Mandiri ZI-WBK  memastikan dokumen pendukungnya dalam rangka persiapan Fasilitasi Pengawasan Satker menuju WBK/WBBM.

Dan terbaru kegiatan yang berlangsung pada Rabu, 29 Juli 2020 diantaranya :

Rapat Satuan Pengawas Internal (SPI) terkait pengawasan penyusunan dan pelaksanaan POS di Balar Sumut, hasilnya secara garis besar, tahun 2020 POS sudah disusun dan dilengkapi, untuk pelaksanaan di lapangan sebagian besar sudah sesuai dengan alur di POS, sebagai contoh POS penerimaan tamu, POS pelayanan perpustakaan, dan POS pengumpulan data kinerja anggaran, namun masih ada juga tahapan POS yang ternyata belum dilaksanakan, dan merekomendasikan Kasubbag TU agar menugaskan staf yang bersangkutan untuk segera melaksanakan tusinya sesuai dengan POS yang sudah ada.

Selanjutnya pelaksanaan webinar arkeologi dengan tema Ada Apa Dengan Gua Sumatra? sebaran dan potensi arkeologinya berlangsung pada pukul 10.00-13.00 WIB. Webinar ini dapat juga disaksikan langsung di kanal youtube Balai Arkeologi Sumatera Utara, dengan tajuk Ada Apa Dengan Gua Sumatra?

Kemudian pada Pokja Perpustakaan melakukan pemeriksaan kembali koleksi perpustakaan yang bersumber dari hasil pembelian yang masuk dalam ranah koleksi Barang Milik Negara (BMN) untuk memastikan ketersediaan koleksi tersebut di perpustakaan. Kegiatan ini rutin dilakukan untuk mengetahui kebenaran catatan dalam pembukuan, melalui kegiatan ini maka akan diketahui keadaan yang terjadi antara catatan pembukuan dan persediaan fisik yang ada di perpustakaan.

Berlanjut pada sore harinya, pembahasan persiapan Rumah Peradaban Samosir yang direncanakan akan berlangsung pada tanggal 11-12 Agustus 2020 di Samosir, Sumatera Utara. Disini membahas perlengkapan dan pembagian tugas kepanitiaan kegiatan rumah peradaban. Kegiatan ini merupakan sarana edukasi dan pemasyarakatan hasil penelitian arkeologi yang dilakukan oleh Balar Sumut untuk memberikan pemahaman tentang sejarah dan ilmu terkait lainnya kepada masyarakat luas pada umumnya, khususnya siswa SD, SMP dan SMA di wilayah Kabupaten Samosir.

Demikian beberapa kegiatan di akhir Juli 2020 di Balai Arkeologi Sumatera Utara yang berhasil kami rangkum dan uraikan sebagai sarana keterbukaan informasi publik dengan harapan informasi yang kami sajikan dapat menambah hasanah informasi dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *