Aktivitas Agustus 2020 Balar Sumut

Hits: 25

Balai Arkeologi Sumatera Utara melalui laman ini berusaha memberikan informasi terkait aktivitas yang berlangsung di lingkungannya baik itu aktivitas yang telah berlangsung, sedang berlangsung maupun akan berlangsung sebagai bagian dari sarana keterbukaan informasi publik yang dapat diakses oleh masyarakat.

Beberapa informasi di Bulan Agustus yang kami muat di laman ini diantaranya

  1. Monitoring dan Evaluasi SOP Bagian BMN

Kegiatan ini berlangsung pada 04 Agustus 2020 yang isinya diidentifakasi adanya tumpang tindih pekerjaan antara Pengelola BMN dengan Pengadministrasi Sarana dan Prasarana. Setelah diadakan pertemuan hasilnya adalah ada perubahan SOP Peminjaman Barang yang sebelumnya dipegang oleh Pengelola BMN menjadi Pengadministrasi Sarana dan Prasarana  dan PSP perlu menyiapkan daftar rencana pemeliharaan BMN dan PBMN menyiapkan daftar rencana barang habis pakai. Hal ini dilakukan untuk menyempurnakan pelaksanaan tugas sesuai dengan uraian jabatan masing-masing.

  1. Rapat Punishment

Pemberian punishment kepada salah satu pegawai karena kurang disiplin mengisi log harian bulan Juli 2020, sehingga diberikan punishment berupa pembatalan keikutsertaan yang bersangkutan dalam kegiatan peninjauan kasus arkeologi.

  1. Webinar Pengenalan Arkeologi

Webinar ini berlangsung pada Rabu, 19 Agustus 2020 pukul 10.00 WIB -selesai, dengan judul “Nilai Kearifan Lokal Pada Budaya Tinggalan Mandailing”. Dengan menghadirkan tiga (3) narasumber yakni, Nenggih Susilowati, SS. M.I.Kom, Churmatin Nasoichah, S.Hum, Drs. Askolani Nasution dan Moderator Dr. Ery Soedewo, M.Hum.

Webinar ini membahas tentang budaya tinggalan Mandailing yang dilihat dari perfektif arkeologi, sejarah dan antropologi baik dari tinggalan arkeologi bendawi (tangible) seperti aksara tulak/Mandailing, megalitik, makam kuno, maupun bangunan/rumah adat, dan terkait tinggalan tak benda (intangible) seperti tradisi lisan/tutur, tari-tarian, maupun adat istiadat pernikahan dan lain-lain.

Demikian beberapa kegiatan di awal hingga pertengahan Agustus 2020 di Balai Arkeologi Sumatera Utara yang berhasil kami rangkum dan uraikan sebagai sarana keterbukaan informasi publik dengan harapan informasi yang kami sajikan dapat menambah hasanah baca bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *