Menu Tutup

Rencana Strategis Balar Sumut tahun 2014-2019

Hits: 48

Sebagaimana kita telah ketahui bersama, bahwa Indonesia yang merupakan negara kepulauan, sarat dengan khasanah budaya dengan corak dan ragam yang berbeda, dan memiliki ciri khas tertentu. Hal ini tercipta karena didukung oleh keberagaman suku bangsa yang mendiami pulau-pulau tersebut, sehingga kawasan Nusantara memiliki karekteristik dan keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya yang ada di kawasan Asia Tenggara dan belahan dunia lainnya.
Demikian juga halnya dengan tinggalan arkeologis yang berasal dari berbagai masa dapat dijumpai di berbagai wilayah di Nusantara, sehingga menjadi daya tarik dan tempat tujuan para peneliti dari mancanegara untuk menggali ilmu pengetahuan yang terkandung di dalamnya. Berbagai corak dan ragam budaya serta tinggalan arkeologis tersebut adalah aset negara yang perlu diungkapkan, direkonstruksi, dipublikasikan. Nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya perlu dilestarikan serta dikembangkan dalam kerangka memajukan ilmu pengetahuan (pendidikan) dan membangkitkan, menjaga dan memelihara jati diri bangsa (kebudayaan) serta mengembangkan dan memanfaatkan warisan budaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Salah satu wilayah Nusantara yang disinyalir banyak mengandung sumberdaya arkeologi terdapat di kawasan Indonesia Bagian Barat, yaitu: Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, sehingga pembentukan Balai Arkeologi Sumatera Utara sangatlah strategis, karena dengan keberadaan institusi ini diharapkan akan dapat melaksanakan berbagai tugas/kegiatan yang terkait dengan kearkeologian atau kegiatan kebudayaan lainnya.
Untuk keberlanjutan pembangunan kebudayaan secara substansi kearkeologian dalam periode lima tahun mulai 2015 s.d. 2019, perlu dilakukan penyusunan rencana strategis (Renstra) yang akan dijadikan sebagai pedoman dan acuan dalam penyusunan rencana kinerja tahunan (RKT), rencana kerja dan anggaran Kementerian Lembaga (RKA-KL) dan penetapan kinerja (PK) setiap tahun.

renstra2
RENSTRA-BALAR-SUMUT-2015-2019