Menu Tutup

Rapat Penyusunan Buku Pengayaan di Balai Arkeologi Sumatera Utara

Hits: 12

Balai Arkeologi Sumatera Utara menyelenggarakan rapat di ruang rapat Balarsumut. Rapat diikuti oleh staf Balai Arkeologi Sumatera Utara yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 09-10 Januari 2019. Rapat ini terkait penyusunan buku pengayaan pada kegiatan Rumah Peradaban Tahun 2019. Yang rencananya akan berlangsung di dua tempat yaitu di Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, dan Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si dalam kesempatan ini mengatakan tahun ini kita hanya akan membuat satu model buku pengayaan dalam bentuk yang sederhana, popular dan kita kategorikan bagi anak-anak khususnya untuk siswa SD, SMP dan SMA, dan akan dibagikan kepada siswa tersebut yang hadir dan mengikuti kegiatan Rumah Peradaban. Rumah peradaban ini diperkirakan akan berlangsung di bulan Maret untuk Rumah Peradaban Gayo Kabupaten Aceh Tengah, dan di bulan Juni untuk Rumah Peradaban di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Untuk menyelenggarakan Rumah Peradaban harus berorientasi pada situs yang telah banyak diteliti dari tahun ke tahun dengan data-data yang sudah mumpuni agar menghasilkan informasi yang dapat diberikan kepada masyarakat, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu Kabalar juga mengingatkan untuk menjalin komunikasi yang baik sebelum berlangsungnya kegiatan Rumah Peradaban guna memastikan kehadiran siswa SD, SMP dan SMA yang akan mengikuti acara tersebut. Untuk mendistribusikan buku pengayaan ini, panitia harus cermat dan teliti serta dibuatkan tanda terima, agar jumlahnya sesuai dengan data yang akan kita bagikan kepada para siswa tersebut. Dan untuk ketua panitia yang nanti di tunjuk harus mempersiapkan segala macam kebutuhan yang diperlukan dan dihimbau untuk anggotanya agar dapat bekerja maksimal untuk mensukseskan kegiatan Rumah Peradaba ini.

melalui forum ini semoga proses pembuatan buku pengayaan dapat berjalan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan agar dalam pendistribusian di acara Rumah Peradaban dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Berikut ketika rapat penyusunan buku pengayaan berlangsung di Balar Sumut.