Menu Tutup

Program Kerja Balai Arkeologi Sumatera Utara

Hits: 31

PROGRAM KERJA BALAI ARKEOLOGI SUMATERA UTARA 2018

Cover Proker

Program Kerja Balai Arkeologi Sumatera Utara tahun anggaran 2018 merupakan program kerja tahun keduapuluh-empat setelah Balai Arkeologi Sumatera Utara resmi dioperasionalkan pada bulan September 1994 dengan wilayah kerja di bagian utara Pulau Sumatera yang meliputi lima provinsi, yaitu Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Aceh, Provinsi Riau, Provinsi Sumatera Barat, dan Provinsi Sumatera Utara. Balai Arkeologi Sumatera Utara merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) bidang kebudayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Semula struktur organisasinya berada di lingkungan Balitbang dan Diklat, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Pada tahun 2006 Balai Arkeologi Sumatera Utara mengikuti perubahan struktur organisasi, yakni Unit Pelaksana Teknis kebudayaan pada struktur organisasi Badan Pengembangan dan Sumber Daya Kebudayaan dan Pariwisata. Dengan demikian secara teknis Balai Arkeologi Sumatera Utara bertanggung jawab kepada Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional dan Badan Pengembangan Sumber Daya Kebudayaan dan Pariwisata. Pada tahun 2012, Balai Arkeologi Sumatera Utara kembali mengikuti perubahan struktur organisasi, yaitu UPT kebudayaan pada struktur organisasi Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang secara teknis Balai Arkeologi Sumatera Utara tetap bertanggung jawab kepada Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 27 Tahun 2015 tanggal 9 Oktober 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Arkeologi, yang di dalamnya mengatur tentang kedudukan, tugas, fungsi, susunan organisasi, tata kerja, dan eselonisasi serta lokasi kedudukan dan wilayah kerja, disebutkan bahwa tugas dan fungsi Balai Arkeologi adalah melaksanakan penelitian dan pengembangan arkeologi di wilayah kerjanya berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Balai Arkeologi adalah unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bidang penelitian dan pengembangan arkeologi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Badan Penelitian dan Pengembangan dan secara teknis bertanggung jawab kepada Kepala Pusat Arkeologi Nasional.
Program Kerja Balai Arkeologi Sumatera Utara tahun anggaran 2017 disusun untuk digunakan sebagai bahan acuan dan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan operasional. Sebelum diterbitkan surat keputusan tentang rincian tugas dan fungsi Balai Arkeologi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan maka struktur organisasinya didasarkan pada:

  1. Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2011 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2009 Tentang Pembentukan Dan Organisasi Kementerian Negara
  2. Peraturan Presiden Nomor 92 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, dan Fungsi Kementerian Negara serta Susunan Organisasi, Tugas, dan Fungsi Eselon I Kementerian Negara
  3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2012 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kebudayaan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 1134)
  4. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0427/O/1981, khusus pada Bab II pasal 7 dan 8 Tentang Rincian Tugas Balai Arkeologi.
  5. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0290/O/1992 tanggal 1 Juli 1992 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Balai Arkeologi.
  6. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0274/O/1993 tanggal 9 Juli 1993 Tentang Pendirian Balai Arkeologi Sumatera Utara, Balai Arkeologi Banjarmasin, dan Balai Arkeologi Ujung Pandang.
  7. Kebijakan-kebijakan Kepala Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.
  8. Kebijakan-kebijakan Pimpinan Balai Arkeologi Sumatera Utara.

Adapun pelaksanaan program kerja Balai Arkeologi Sumatera Utara ditunjang oleh sumber pendanaan berupa DIPA tahun anggaran 2018 Nomor: 023.11.2.690383/2018 tanggal 5Desember 2017, serta Petunjuk Operasional Kegiatan (POK)No. 01/H5.5/KU/2018 tanggal 30 Januari 2018.

Progker 2018