Menu Tutup

Hidayat Nur Wahid Kunjungi Balai Arkeologi Sumatera Utara

Hits: 106

Balai Arkeologi Sumatera Utara menerima kunjungan dari Hidayat Nur Wahid siswa SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan, Aek Kanopan, Labuhan Batu Utara, yang didampingi Kepala Sekolah Bapak Lahuddinur Harahap. Kunjungan ini sebagai lanjutan dari surat elektronik ke kantor Balar Sumut beberapa waktu yang lalu. Anak tersebut mempunyai cita-cita ingin menjadi arkeolog. Semangat dan keingintahuan yang besar tentang ilmu arkeologi inilah yang mendasari kunjungannya ke Kantor Balar Sumut.

Dalam kesempatan ini Balai Arkeologi Sumatera Utara diwakili arkeolog Ibu Neggih Susilowati, SS. M.I.Kom (Peneliti Prasejarah Balar Sumut) menyambut baik kunjungan siswa tersebut di ruang tamu Balar Sumut. Dikatakannya pintu kantor kami selalu terbuka untuk kalangan masyarakat yang ingin mengenal dunia arkeologi, dan kami sangat mengapresiasi langkah Bapak yang sudah memberi kesempatan pada anak didiknya yang masih duduk di bangku SMP kelas VII ini untuk berkunjung menimba ilmu ke kantor kami. Dijelaskannya arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan manusia meliputi sejarah dan budaya di masa lampau.

Kegiatan arkeologi diantaranya melacak peninggalan-peninggalan manusia zaman lampau, antara lain bangunan kuno, benda kuno atau artefak, tulang belulang atau ekofak, prasasti, naskah kuno dan lain-lain. Dari benda-benda itulah dapat diketahui kehidupan di masa lampau baik aktifitas, budaya, nilai-nilai kearifan lokal dan sebagainya. Tak lupa Ibu Nenggih pun mengajak siswa itu untuk melihat beberapa koleksi yang berada di lantai 2 (dua) kantor Balar Sumut, seperti fragmen keramik, fragmen tembikar, uang kepeng, alat batu, replika kerangka, serta botol zaman kolonial dan lain sebagainya. Hidayat Nur Wahid terlihat semangat dan antusias atas penjelasan yang disampaikan oleh Ibu Nenggih sehingga semakin yakin bahwa arkeologi merupakan ilmu yang bermanfaat bagi perkembangan sejarah, budaya, dan pembentukan jati diri bangsa.(doc.am)

Berikut ketika Hidayat Nur Wahid kunjungi Balar Sumut.